Sukses

Berani Tolak Barcelona, Bintang Timnas Spanyol Usung Misi Personal di Athletic Bilbao

Nico Williams mengaku tidak memikirkan masa depan di tengah spekulasi terkait masa depannya bersama Athletic Bilbao. Dia menegaskan akan fokus membantu klub meraih prestasi terbaik musim ini.

Liputan6.com, Jakarta - Nico Williams mengaku tidak memikirkan masa depan di tengah spekulasi terkait masa depannya bersama Athletic Bilbao. Dia menegaskan akan fokus membantu klub meraih prestasi terbaik musim ini.

Kepindahan Williams ke Barcelona tampak hampir pasti terjadi pada jendela transfer 2025. Klub Catalan itu itu dilaporkan siap mengaktifkan klausul pelepasan senilai 47 juta poundsterling dalam kontraknya.

Namun, Williams memutuskan untuk bertahan di Athletic, didorong keinginan membela klub di kompetisi Eropa musim ini. Sang kakak sekaligus rekan setim di Athletic, Inaki Williams baru-baru ini menegaskan bahwa pemain timnas Spanyol itu tidak menyesali keputusannya.

Namun, masa depan pemain berusia 22 tahun ini masih menjadi bahan perbincangan. Barcelona diperkirakan akan kembali mengejar tanda tangannya musim panas mendatang, sementara klub-klub Liga Premier seperti Manchester United, Arsenal, dan Liverpool juga dikabarkan tertarik.

Williams menegakan bahwa keputusan apapun terkait masa depannya harus menunggu. Saat ini, ia hanya fokus pada musim 2024/2025 dan berambisi membawa Los Leones ke final Liga Europa 2025 yang berlangsung di markas klub yakni San Mames.  Meski begitu, dia mengisyaratkan skenario pindah pada jendela transfer musim panas mendatang masih terbuka.

"Saat ini, saya tidak memusingkan hal itu," ungkap Williams kepada El Mundo. "Para pendukung sangat gembira saya masih di sini, dan saya pun merasa bahagia. Bilbao adalah kampung halaman saya, saya ingin terus menikmati momen ini, dan sejujurnya, saya sangat bersyukur."

"Saya selalu memiliki visi yang jelas, dan saya rasa orang-orang dapat melihatnya. Saya yakin keputusan saya tepat. Fokus saya kini adalah mengangkat Athletic ke puncak prestasi, baik di Spanyol maupun Eropa. Prospek final di San Mames sungguh menggairahkan kami. Itulah satu-satunya hal yang menjadi prioritas saat ini," sambungnya.

2 dari 3 halaman

Sempat Dicemooh Pendukung Barcelona

Williams juga mengaku terperangah saat mendapat cemoohan dari sebagian pendukung Barcelona di awal musim ini, ketika dia memutuskan setia pada Athletic.

"Saya terkejut, jujur saja. Namun saya tidak terlalu ambil pusing. Ketika Anda bermain di kandang lawan, wajar jika ada yang bersiul. Kali ini memang lebih personal," tambahnya. "Tapi bukan masalah besar. Saya pikir itu juga bisa menjadi hiburan selama tidak melewati batas. Disoraki adalah bagian dari sepak bola, dan saya menerimanya dengan lapang dada."

"Pada akhirnya, kita harus menerima realitas ini. Sepak bola bergerak dengan dinamika tersendiri, melibatkan berbagai kepentingan klub, media, pemain, dan selalu diiringi hiruk-pikuk. Ini bukan hal baik atau buruk, ini adalah apa adanya dan tidak memengaruhi performaku. Aku tetap berkonsentrasi pada tugasku seperti biasa." 

"Secara personal, ada juga fase-fase menantang yang membuatku berhenti sejenak, merenungkan berbagai skenario, dan itu memang tidak mudah. Namun, aku beruntung memiliki keluarga dan sahabat luar biasa yang selalu mendukung. Aku berharap situasi semacam ini tidak akan menjadi ritual tahunan di setiap musim panas,"  jelasnya, dilansir dari SportsMole.

3 dari 3 halaman

Kunci Sukses Timnas Spanyol di Euro 2024

Williams mengawali musim 2024/2025 dengan lamban. Dia baru menyumbangkan satu gol dan satu assist dari sepuluh penampilannya di seluruh kompetisi.

Namun, perlu dicatat bahwa ia juga mengalami masalah cedera. Dia absen dari skuad Spanyol untuk UEFA Nations League bulan ini akibat masalah pinggul.

Meski begitu, catatan impresifnya pada 2023/2024 tetap layak diapresiasi. Williams berhasil mengemas delapan gol dan 19 assist dalam 37 penampilan berama Athletic. Performa gemilangnya berlanjut di Euro 2024, di mana ia menyumbang dua gol dan satu assist untuk membantu Spanyol mengangkat trofi juara.

Video Terkini