Sukses

Hasil China vs Indonesia: Pertahanan Berlubang, Garuda Tertinggal 0-2 di Babak Pertama

Timnas Indonesia menghadapi tuan rumah China pada Matchday 4 Grup C putaran ketiga kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia di Qingdao Youth Football Stadium, Selasa (15/10/2024) malam WIB. Pertandingan sudah menyelesaikan babak pertama.

Liputan6.com, Jakarta - Timnas Indonesia menghadapi tuan rumah China pada Matchday 4 Grup C putaran ketiga kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia di Qingdao Youth Football Stadium, Selasa (15/10/2024) malam WIB. Pertandingan sudah menyelesaikan babak pertama. 

China untuk sementara memimpin 2-0 melalui Behram Abduweli dan Zhang Yuning memanfaatkan kesalahan lini belakang Indonesia.

Jalan Pertandingan China vs Indonesia

Pertandingan dimulai. Indonesia kembali mengenakan seragam putih, dengan China mengenakan jersey utama merah. Omar Al Ali dari Uni Emirat Arab bertindak sebagai wasit.

Sepuluh menit pertandingan berjalan, Timnas Indonesia menguasai bola dan mengambil inisiatif serangan. Percobaan pertama datang di menit ke-11 dari Ragnar Oratmangoen.

Setelah melewati beberapa pemain lawan, dia melepas tendangan dari jarak jauh. Sayang usahanya masih melambung.

China mendapat kesempatan melalui dua situasi bola mati secara beruntun. Namun, percobaan mengarah ke tiang dekat gawang Maarten Paes belum membuahkan hasil.

Tuan rumah lalu memimpin di menit ke-21. Kegagalan Shayne Pattynama membuang bola dimaksimalkan Behram Abduweli untuk merobek gawang Indonesia.

Gol ini menambah kepercayaan diri pemain China. Sementara Indonesia mulai ceroboh saat menguasai bola.

Sapuan Calvin Verdonk dipotong Xie Wenneng yang kemudian melepas tendangan. Beruntung eksekusinya tepat ke arah Maarten Paes.

2 dari 3 halaman

15 Menit Terakhir China vs Indonesia

Indonesia tetap bermain sabar meski juga kesulitan menembus pertahanan China. Percobaan Ivar Jenner dari luar masih lemah.

Tendangan Calvin Verdonk lalu memaksa kiper Wang Dalei bekerja. Sayang Indonesia gagal melanjutkan tekanan.

Bola direbut dengan China melancarkan serangan balik. Ivar Jenner menghentikan lawan dan diganjar kartu kuning. Dari situasi bola mati, China kembali mendapat kesempatan lewat Jiang Shenglong.

Zhang Yuning dalam posisi bebas di lini belakang Indonesia. Dia langsung menghadapi Maarten Paes dan tidak membuang peluang. Eksekusinya menggandakan keunggulan China di menit ke-44.

Indonesia coba merespon. Tandukan Jay Idzes mengenai tiang gawang. Tapi, kalaupun gol akan dianulir karena dalam posisi offside. Tidak ada gol tambahan di sisa waktu babak pertama.

3 dari 3 halaman

Komposisi Starter China vs Indonesia

Seperti diberitakan sebelumnya, Indonesia kehilangan Jordi Amat yang cedera pada partai melawan Bahrain, Kamis (10/10/2024). Sandy Walsh juga ditarik keluar pada laga tersebut.

Sebagai gantinya, Shin Tae-yong mengubah nyaris seluruh komposisi lini belakang Timnas Indonesia. Asnawi Mangkualam dan Shayne Pattynama masuk sebagai bek sayap. 

Nathan Thoe-A-On turut jadi starter menggantikan Thom Haye. Sementara di depan Witan Sulaeman mengisi posisi Malik Risaldi.

Susunan Pemain China vs Indonesia

China: Wang Dalei, Jiang Guangtai, Gao Zhunyi, Li Lei, Jiang Shenglong, Wang Shangyuan, Li Yuanyi, Xie Wenneng, Behram Abuduwaili, Wei Shihai, Zhng Yuning 

Indonesia: Maarten Paes, Mees Hilgers, Jay Idzes, Calvin Verdonk, Asnawi Mangkualam, Nathan Thoe-A-On, Ivar Jenner, Shayne Pattynama, Witan Sulaeman, Rafael Struick, Ragnar Oratmangoen