Sukses

Bukan Pep Guardiola, Timnas Inggris Sudah Tunjuk Sosok Lain untuk Gantikan Gareth Southgate

Timnas Inggris kabarnya sudah menunjuk sosok baru untuk menggantikan posisi Gareth Southgate sebagai manajer. Mereka mempercayakan Thomas Tuchel menduduki kursi panas The Three Lions, setelah sebelumnya sempat diklaim mendekati manajer Manchester City Pep Guardiola.

Liputan6.com, Jakarta - Timnas Inggris mengambil langkah kejutan dalam pencarian sosok baru untuk menggantikan Gareth Southgate yang cabut dari kursi pelatih usai kalah di final Euro 2024.

Setelah santer diklaim ingin menyewa jasa manajer Manchester City Pep Guardiola, FA Inggris baru-baru ini justru menunjuk Thomas Tuchel untuk menukangi Harry Kane dan kawan-kawan mulai Januari 2025.

Melansir laporan BBC, penunjukan tersebut sekaligus membuat Tuchel menjadi manajer tetap non-Inggris ketiga yang ditugaskan memimpin skuad The Three Lions sepanjang sejarah.

Sebelumnya, Timnas Inggris juga sempat memberi kepercayaan kepada Sven-Goran Eriksson dan Fabio Capello untuk menduduki kursi juru taktik.

Sementara itu, Lee Carlsey yang saat ini bertugas sebagai manjaer interim bakal tetap di posisinya saat Inggris menghadapi Yunani dan Irlandia dalam laga Nations League, November mendatang.

Setelahya, dia baru akan dikembalikan ke jabatan juru taktik Timnas Inggris U-21, diikuti dengan penempatan Thomas Tuchel sebagai pelatih tetap baru The Three Lions.

2 dari 3 halaman

Target Thomas Tuchel di Timnas Inggris

Masih merujuk pada laporan BBC, perkenalan Thomas Tuchel sebagai manajer baru Timnas Inggris diperkirakan bakal digelar pada Rabu siang waktu setempat di Wembley.

Sang pelatih selanjutnya diberi target utama untuk memimpin The Three Lions melewati fase kualifkasi Piala Dunia 2026 agar bisa tembus ke putaran final yang berlangsung di Amerika Serikat, Kanada, serta Meksiko.

Tuchel sendiri dianggap sudah akrab dengan atmosfer sepak bola Inggris sebab dia pernah melatih Chelsea dari periode Januari 2021 hingga September 2022.

Kala itu, juru taktik asal Jerman sempat mempersembahkan trofi Liga Champions, Piala Dunia Antarklub, serta Piala Super UEFA sebelum diusir dari Stamford Bridge.

3 dari 3 halaman

Durasi Kontrak Thomas Tuchel di Timnas Inggris

Sementara itu, melansir pemberitaan Sky Germany via Sky Sports, Thomas Tuchel diikat kesepakatan berdurasi 18 bulan oleh FA Inggris yang efektif berlaku per 1 Januari 2025.

Pihak asosiasi sejak awal memang tak keberatan mempekerjakan juru taktik yang bukan warga negara Inggris, sebab fokus utama mereka hanyalah mencari sosok yang layak menempati jabatan tersebut.

Selain Pep Guardiola yang sempat didekati FA, Lee Carsley selaku manajer interim sebenarnya juga pernah digadang-gadang sebagai kandidat pelatih permanen Timnas Inggris. Namun, kurangnya kejelasan soal ambisinya di posisi itu membuat spekulasi memudar dalam beberapa hari terkahir.

Sementara itu pengangkat Tuchel oleh FA Inggris juga bakal sekaligus mengakhiri keterkaitannya dengan Manchester United. Sebelumnya, klub berjuluk The Red Devils sempat santer diklaim menjadikan dia sebagai kandidat suksesor kuat Erik ten Hag.