Sukses

Setianya Carlo Ancelotti di Real Madrid, Inggris Jadi Negara Kedua yang Ditolaknya

Federasi Sepak Bola Inggris (FA) dikabarkan menghubungi manajer Real Madrid Carlo Ancelotti musim panas lalu untuk membahas kemungkinan mengambil alih posisi sebagai manajer timnas Inggris.

Liputan6.com, Jakarta - Federasi Sepak Bola Inggris (FA) dikabarkan menghubungi manajer Real Madrid Carlo Ancelotti musim panas lalu untuk membahas kemungkinan mengambil alih posisi sebagai manajer timnas Inggris.

Thomas Tuchel telah diumumkan sebagai pengganti Gareth Southgate beberapa hari lalu, mengakhiri pertanyaan untuk mengetahui siapa yang akan menjadi pelatih permanen The Three Lions.

CEO FA Mark Bullingham mengungkapkan dalam konferensi pers bahwa pihaknya telah melakukan wawancara dengan sekitar 10 calon manajer untuk posisi tersebut. Ancelotti dipercaya berada di daftar tersebut.

Ancelotti sangat akrab dengan sepak bola Inggris, setelah melatih dua klub Liga Premier dalam kariernya yang cemerlang.

Pelatih asal Italia tersebut pernah menangani Chelsea dan Everton. Dia meraih gelar liga dan Piala FA bersama nama pertama pada 2009/2010.

2 dari 3 halaman

Ikuti Jejak Fabio Capello

Riwayat karier pria berusia 65 tahun itu jelas menarik bagi FA. Dia akan menjadi pelatih Italia kedua yang menangani timnas Inggris, mengikuti Fabio Capello yang bekerja pada periode 2007 hingga 2012, jika menerima pinangan.

Capello membawa Inggris ke babak 16 besar Piala Dunia 2010. Namun dia mundur sebelum Euro 2012 setelah FA mencopot jabatan kapten John Terry karena kontroversi rasisme.

3 dari 3 halaman

Inggris Bukan Negara Pertama

Inggris bukanlah negara pertama yang mempertimbangkan untuk merekrut Ancelotti. Brasil juga tertarik memakai jasanya.

Federasi Sepak Bola Brasil (CBF) bahkan dilaporkan sudah mencapai kesepakatan dengan Ancelotti. Namun, sang manajer justru memperpanjang kontraknya di Real Madrid. 

Ancelotti mengakui telah berkomunikasi dengan Presiden CBF Ednaldo Rodrigues pada akhir 2023, tapi akhirnya memutuskan untuk menetap usai meraih gelar Liga Champions pada musim panas berikutnya.

Ancelotti meneken kontrak baru di Real Madrid hingga 2026. Pada beberapa kesempatan terbaru, dia menekankan skenario bakal pensiun usai meninggalkan Santiago Bernabeu.