Sukses

Karier di Old Trafford Belum Jelas, Ten Hag Ajukan Tuntutan pada Manajemen Manchester United

Sejak pindah ke Manchester United, Erik ten Hag memiliki kebiasaan membeli dari Ajax, dan hanya dalam dua tahun, dia telah merekrut tidak kurang dari lima pemain dari Johan Cruyff Arena

Liputan6.com, Jakarta Karier Erik ten Hag yang penuh gejolak di Manchester United bisa saja berakhir akhir pekan ini. Klub akan memecat manajer asal Belanda itu jika timnya gagal mengalahkan Brentford di Old Trafford pada Sabtu 19 Oktober 2024.

Musim ini, Ten Hag telah membawa MU meraih hasil terburuk di Liga Inggris setelah hanya meraih delapan poin dan tertahan di posisi ke-14. Akibatnya, para petinggi di Old Trafford telah mengincar pengganti Ten Hag.

Mantan bos Chelsea dan Bayern Munchen Thomas Tuchel diyakini sebagai target utama mereka. Namun, peluang untuk mendapatkan pelatih asal Jerman itu berakhir pada hari Rabu ketika ia ditunjuk sebagai manajer baru Inggris.

TEAMtalk kini mengklaim bahwa mantan manajer Chelsea lainnya, Graham Potter, adalah kandidat terdepan untuk menggantikan Ten Hag jika ia tidak dapat menyelamatkan diri di akhir pekan.

Di sisi lain, jika Ten Hag dapat melewati Brentford, dia yakin kariernya di MU akan berlanjut. Bahkan, pada bulan Januari nanti, dia akan merencanakan perekrutan besar dan menuntut manajemen agar merekrut Frenkie de Jong dari FC Barcelona.

2 dari 4 halaman

Ten Hag Rencanakan Rekrutan Pemain Impian

Manajer berusia 54 tahun itu meyakini mantan pemain muda Ajax itu sebagai pemain yang akhirnya akan menyatukan timnya yang terus berubah. Dan, menurut surat kabar Spanyol, De Jong, 27 tahun, adalah perekrutan "impian" Ten Hag.

Keduanya pernah bekerja sama di Ajax antara tahun 2017 dan 2019, dengan sang gelandang menjadi pemain bintang di tim muda yang memenangkan Eredivisie dan berhasil mencapai semifinal Liga Champions untuk pertama kalinya sejak musim 1996/97.

3 dari 4 halaman

Ada Lima Pemain Ajax yang Diboyong Ten Hag ke MU

De Jong, yang disebut sebagai "pemain sepak bola luar biasa" oleh Xavi, meninggalkan Ajax untuk Barcelona pada akhir musim 2018/19 dan terus dikaitkan dengan kepindahan ke United sejak Ten Hag mengambil alih pada tahun 2022.

Sejak pindah ke MU, Ten Hag memang memiliki kebiasaan membeli pemain Ajax lamanya. Hanya dalam dua tahun, ia telah merekrut tidak kurang dari lima pemain yang ia latih selama berada di Johan Cruyff Arena – Matthijs de Ligt, Noussair Mazraoui, Andre Onana, Lisandro Martinez, dan Antony. Jika digabungkan, mereka telah menghabiskan biaya sebesar 222 juta pounds.

4 dari 4 halaman

Ten Hag Bantah Punya Obsesi Rekrut Pemain Ajax

Enam pemain lain yang direkrut Ten Hag untuk United – Tyrell Malacia, Christian Eriksen, Mason Mount, Sofyan Amrabat, Wout Weghorst, dan Joshua Zirkzee – juga memiliki latar belakang di liga utama Belanda. Pada bulan Agustus lalu, Ten Hag menanggapi tuduhan dari penggemar United bahwa ia terobsesi untuk merekrut mantan pemain Ajax dan mantan bintang Eredivise.

"Itu keputusan klub. Tidak satu pun dari itu hanya keputusan saya," katanya, menurut Sunday World. "Itu selalu didukung atau bahkan disinggung melalui kepanduan, perekrutan, direktur teknik, direktur olahraga."