Sukses

3 Kandidat Suksesor Baru Erik ten Hag di Manchester United usai Thomas Tuchel 'Dicuri' Timnas Inggris

Manchester United masih santer dikabarkan melirik kandidat pelatih pengganti, meski Erik ten Hag tetap bertugas menukangi skuad selepas jeda internasional Oktober 2024. Ada setidaknya 3 nama yang muncul usai pelatih idaman MU Thomas Tuchel dibajak Timnas Inggris. Siapa saja mereka?

Liputan6.com, Jakarta Kabar soal bursa calon pelatih suksesor Erik ten Hag di Manchester United masih beredar kencang meski juru taktik asal Belanda saat ini tetap menangani Setan Merah selepas jeda internasional Oktober.

Ada laporan yang menyebut MU memang memberi waktu sebulan lagi hingga periode 'libur klub' November 2024 bagi sang pelatih untuk membalikkan keadaan, setelah timnya tampil mengecewakan pada awal musim 2024/2025.

Jika gagal memperbaiki peruntungan Manchester United sampai saat itu, Ten Hag baru akan dipecat oleh Sir Jim Ratcliffe dan jajarannya.

Ini menjadi kali kesekian eks juru taktik Ajax Amsterdam lolos dari ancaman pengusiran, setelah musim panas lalu dia juga dikaitkan dengan pintu keluar Old Trafford, tetapi terselamatkan oleh gelar juara Piala FA.

Sejumlah kandidat pengganti pun sudah mulai dilirik Setan Merah untuk meneruskan kiprah Erik ten Hag apabila dia didepak dari klub. Nama Thomas Tuchel jadi salah satu yang terdepan, mengingat juru taktik Jerman sempat menganggur usai pisah dari Bayern Munchen pada pengujung musim lalu.

Sayangnya, rencana MU mempekerjakan Tuchel sudah tidak mungkin terwujud lantaran FA lebih dulu 'mencuri' tanda tangannya untuk menjadikan dia sebagai penerus Gareth Southgate di Timnas Inggris.

Tanpa Tuchel, Setan Merah sejatinya masih punya beberapa opsi lain untuk dipertimbangkan. Nama Southgate dan Graham Potter sudah disebut sebagai calon suksesor Ten Hag sejak lama.

Namun di samping deretan pelatih tersebut, ada sejumlah kandidat lain yang mulai bermunculan akhir-akhir ini. Siapa saja mereka? Simak ulasan lengkapnya pada halaman berikut.

2 dari 4 halaman

1. Thomas Frank

Thomas Frank saat ini tengah menangani sesama klub Liga Inggris Brentford. Kendati begitu, namanya masuk dalam daftar kandidat pengganti Erik ten Hag jika dipecat oleh manajemen Manchester United.

Kebetulan, Frank sendiri sudah menyiratkan dirinya terbuka pada opsi meninggalkan Brentford, meski mengaku masih senang menukangi klub tersebut.

Hanya saja yang jadi catatan, finis The Bees di bawah racikan Frank musim lalu tak bagus-bagus amat, dengan mereka cuma ada bertengger setrip di atas zona degradasi setelah mengumpulkan 39 poin dari 38 pertandingan Premier League 2023/2024.

"Saya sudah mengatakan berkali-kali bahwa saya sangat bahagia di Brentford," tutur Thomas Frank kepada talkSPORT belum lama ini.

"Sangat sulit untuk memprediksi masa depan. Siapa tahu apa yang akan terjadi (di masa depan). Berapa banyak pelatih bertahan di klub yang sama selama lebih dari enam tahun? Sangat sedikit," kata Frank lagi, dilansir dari laporan yang sama.

3 dari 4 halaman

2. Vincenzo Montella

Jurnalis Turki Salim Manav mengeklaim nama Vincenzo Montella masuk dalam daftar kandidat baru calon pengganti Erik ten Hag di Manchester United.

Pria berjuluk Si Pesawat Kecil itu kabarnya menarik perhatian pemilik saham minoritas MU Sir Jim Ratcliffe setelah sukses mengangkat prestasi Turki.

Montella mulai bekerja menukangi Timnas Turki pada September 2023. Dia mampu mencatatkan sembilan kemenangan, tiga imbang, dan lima kali kalah dari 17 pertandingan yang dijalani.

Di Euro 2024, kiprahnya bersama Turki juga cukup bagus. Montella berhasil membawa anak-anak asuhnya melaju sampai perempat final kompetisi. Hanya, MU harus bekerja keras jika serius ingin membajak Montella. Hal itu megingat dia baru setahun melatih di Turki.

4 dari 4 halaman

3. Zinedine Zidane

Nama Zinedine Zidane sebenarnya sudah cukup lama disebut-sebut sebagai kandidat idaman petinggi Manchester United jika mereka memutuskan mendepak Erik ten Hag dari kursi pelatih.

Mantan juru taktik legendaris Real Madrid itu dikenal sarat prestasi, dan bos-bos Setan Merah yakin kharisma serta nama besar Zidane bakal cocok dengan Old Trafford.

Kabar terbaru yang dilansir The Independent pada pertengahan Oktober 2024 pun mengeklaim Sir Jim Ratcliffe kini serius ingin membawa Zinedine Zidane ke Theatre of Dreams.

Bos INEOS tersebut selanjutnya bakal menugasi Jean Claude Blanc yang merupakan CEO INEOS di bidang olahraga untuk mendekati Zidane. Blanc dilaporkan telah melakukan pembicaraan dengan Zidane.

Kebetulan Blanc berasal dari Prancis dan memang sudah kenyang pengalaman mengurus tim sepak bola. Blanc sebelumnya pernah bekerja untuk raksasa Italia Juventus dan Paris Saint-Germain. Rayuannya diharapkan bakal membuat Zidane tergiur menukangi MU.

Disclaimer: Artikel ini ditulis ulang oleh redaksi dengan menggunakan Artificial Intelligence