Sukses

Hasil MotoGP Australia 2024: Sikut Jorge Martin, Marc Marquez Naik Podium Juara

Marc Marquez berhasil naik ke podium juara MotoGP 2024 seri Australia di Sirkuit Phillip Island pada Minggu (20/10/2024) pagi WIB. Meski sempat blunder saat start, rider Gresini Ducati itu tampil sensasional untuk menyalip Jorge Martin dan Francesco Bagania yang haru puas menempati podium dua serta tiga.

Liputan6.com, Jakarta Rider Gresini Ducati Marc Marquez tampil sensasional dalam race MotoGP Australia 2024 di Sirkuit Phillip Island pada Minggu (20/10/2024) pagi WIB.

Meski memulai dengan cukup lambat dan sempat terlempar dari persaingan papan atas, rider asal Spanyol perlahan mampu bangkit hingga mengasapi pesaing beratnya Jorge Martin untuk naik ke podium juara.

Sementara itu, sang juara bertahan Francesco Bagnaia harus puas mengakhiri balapan di urutan 3. Dia gagal memanaskan persaingan Marquez dan Martin di lap-lap akhir, sehingga harus puas finis di belakang duo Spanyol.

Menilik jalannya balapan, Jorge Martin kokoh menguni urutan terdepan setelah memulai dari pole position. Dia tetap memimpin race hingga memasuki putaran kedua, dibuntuti Marco Bezzecchi serta Francesco Bagnaia.

Sementara itu, Marc Marquez terlempar dari 5 besar pada awal balapan. Sampai memasuki lap ketiga, rider Gresini Ducati masih menghuni urutan 6 di belakang Franco Morbidelli.

Di lap ke-5, Francesco Bagnaia sudah tiba di urutan 2. Marco Bezzecchi tertimpa nestapa di tikungan 4 yang membuat dia tersingkir dari lintasan.

Sementara itu, Marquez naik perlahan untuk meramaikan persaingan empat besar. Dalam waktu singkat, The Baby Alien sudah berhasil menyalip Morbidelli untuk membuntuti Bagnaia yang menghuni tempat kedua.

Posisi 3 besar bertahan hingga balapan menyisakan 20 putaran. Marquez mulai mendekati Bagnaia, tetapi Jorge Martin nampak masih begitu nyaman memimpin race MotoGP Australia 2024.

Posisi dua dan tiga sangat berimpitan di lap ke-10. Marc Marquez cuma terpaut tipis dari Bagnaia, tetapi rider Ducati Lenovo nampak masih begitu getol mempertahankan posisinya.

2 dari 3 halaman

Marc Marquez Asapi Jorge Martin

Pembalap Spanyol sempat beberapa kali mendapat peluang untuk menyalip dari putaran ke-11. Namun, upaya itu baru benar-benar membuahkan hasil di lap ke-12.

Rider Gresini Ducati mengasapi Bagnaia dan mulai mengganggu Jorge Martin yang sejak tadi memimpin balapan dengan nyaman. Persaingan perebutan tempat pertama tersaji, tetapi Martin masih dominan di urutan terdepan dengan dibuntuti Marquez serta Bagnaia.

Belum ada perubahan posisi 3 besar hingga balapan memasuki 11 lap terakhir. Jorge Martin terus coba diganggu oleh Marc Marquez, sedangkan Bagnaia masih mengikuti keduanya dari urutan 3.

Rider Gresini Ducati tak henti-henti mencoba peruntungan untuk menyalip Martin hingga 5 lap terakhir. Namun, pembalap Pramac Ducati baru berhasil disalip di lap keempat menuju finis.

Duel alot yang melibatkan duo rider papan atas tak terhindarkan. Jorge Martin tak rela posisinya direbut dan terus berupaya membuntuti Marquez demi mencari peluang merebut kembali tempat terdepan.

Martin menikung Marquez di lap 25 untuk balik ke posisi pertama. Namun dalam sesaat, Marquez yang tampil agresif kembali merebut predikat tersebut dan coba menjaganya sampai lap 26.

Di putaran terakhir, duo pembalap masih bersaing sengit. Jarak kuda besi mereka begitu tipis sehingga race terasa makin menegangkan mendekati usai. Marc Marquez mampu mempertahankan posisi hingga akhir. Dia berhak menjadi pemilik podium teratas, dengan dibuntuti Jorge Martin dan Francesco Bagnaia

3 dari 3 halaman

Hasil Race MotoGP Australia 2024

Peringkat-Pembalap-Asal-Tim (Motor)

1. Marc Marquez SPA Gresini Ducati (GP23)

2. Jorge Martin SPA Pramac Ducati (GP24)

3. Francesco Bagnaia ITA Ducati Lenovo (GP24)

4. Fabio Di Giannantonio ITA VR46 Ducati (GP23)

5. Enea Bastianini ITA Ducati Lenovo (GP24)

6. Franco Morbidelli ITA Pramac Ducati (GP24)

7. Brad Binder RSA Red Bull KTM (RC16)

8. Maverick Viñales SPA Aprilia Racing (RS-GP24)

9. Fabio Quartararo FRA Monster Yamaha (YZR-M1)

10. Raul Fernandez SPA Trackhouse Aprilia (RS-GP24)

11. Jack Miller AUS Red Bull KTM (RC16)

12. Johann Zarco FRA LCR Honda (RC213V)

13. Alex Rins SPA Monster Yamaha (YZR-M1)

14. Luca Marini ITA Repsol Honda (RC213V)

15. Alex Marquez SPA Gresini Ducati (GP23)

16. Aleix Espargaro SPA Aprilia Racing (RS-GP24)

17. Augusto Fernandez SPA Red Bull GASGAS Tech3 (RC16)

18. Takaaki Nakagami JPN LCR Honda (RC213V)

19. Marco Bezzecchi ITA VR46 Ducati (GP23)

Joan Mir SPA Repsol Honda (RC213V)

Lorenzo Savadori ITA Aprilia Factory (RS-GP24)