Sukses

Jadi Juara NBA, Bintang Minnesota Timberwolves Bakal Banting Setir ke Olahraga Ini

Shooting guard Minnesota Timberwolves Anthony Edwards mengaku bakal meninggalkan olahraga basket jika jadi juara NBA. Dia akan berganti karier menjadi pemain National Football Association (NFL).

Liputan6.com, Jakarta - Shooting guard Minnesota Timberwolves Anthony Edwards mengaku bakal meninggalkan olahraga basket jika jadi juara NBA. Dia akan berganti karier menjadi pemain National Football Association (NFL).

“Aku katakan kepada teman-temanku, jika aku menangkan cincin kejuaraan (NBA) dalam waktu 3-4 tahun ke depan, aku akan bermain (American) football,” tutur Edwards dilansir dari Sports Illustrated.

Bintang muda asal Amerika Serikat tersebut beberkan rencana pindah kariernya saat ia sedang syuting dengan atlet Minnesota Vikings Justin Jefferson. Kegiatan tersebut merupakan bagian dari agenda ESPN.

Kedua pemain tersebut diajak untuk ciptakan sampul majalah seperti yang dilakukan oleh legenda Timberwolves, Kevin Garnett dan legenda Vikings, yakni Randy Moss.

Pada kesempatan tersebut, Edwards bahkan mengklaim atlet American football tidak dapat bermain basket di level tertinggi. “Para atlet football tidak bisa main basket,” ujar Edwards.

2 dari 3 halaman

Belum Pernah Terjadi

Rencana Edwards jelas mengejutkan. Pasalnya, sepanjang sejarah NBA yang dibentuk pada 1946, belum pernah ada atlet basket yang pindah untuk jadi atlet football.

Paling banter adalah pemain basket mahasiswa yang kemudian meniti karier di NFL. Ada dua nama yang melakukannya, yakni legenda tim Carolina Panthers Tony Gonzalez dan ikon Los Angeles Chargers Antonio Gates.

Terlepas itu, pernyataan Edwards tidak sepenuhnya benar. Ada salah satu mantan atlet NFL yang saat ini bermain basket, yaitu Devin Funchess. Dulu, ia bermain untuk Green Bay Packers. Sekarang, ia menjajal liga basket Kolombia.

3 dari 3 halaman

Sepak Terjang Anthony Edwards

Pemain berjuluk Ant Man ini berhasil tampil sebagai atlet basket kualitas tinggi di NBA. Sejak debutnya pada 2020 silam, atlet 23 tahun itu telah menjadi salah satu pemain andalan tim asal negara bagian Minnesota ini. Tidak hanya itu, Edwards telah raih sejumlah penghargaan fantastis.

Ia berhasil masuk ke dalam NBA All-Rookie First Team pada 2021 lalu. Lalu, Ia juga berhasil masuk ke dalam jajaran NBA All Star sebanyak dua kali, yaitu di tahun 2023 dan 2024.

Dari catatan ini juga, Edwards tercatat sebagai pemain Timberwolves ke-8 sepanjang sejarah tim yang masuk ke dalam NBA All-Star. Lalu, di tahun 2024 juga, ia catatkan tiga pencapaian membanggakan.

Ia dipanggil oleh pelatih timnas basket Amerika Serikat Steve Kerr untuk tampil di Olimpiade Paris. Bersama tim berjuluk The Avengers, ia berhasil raih medali emas usai kalahkan tuan rumah Prancis di partai final.

Kemudian, Edwads memimpin Timberwolves menembus final konferensi barat NBA. Ini adalah kali kedua Timberwolves masuk ke partai final wilayah sepanjang sejarah.

Terakhir, Edwards terpilih masuk ke dalam tim All-NBA Second Team musim 2023/2024.

 

Video Terkini