Sukses

Rencana Besar Manchester United Soal Pengganti Ten Hag Bisa Dirusak Arab Saudi

Manchester United bisa gagal mewujudkan rencana besarnya karena adanya pergerakan dari Arab Saudi.

Liputan6.com, Jakarta- Manchester United kemungkinan akan berpisah dengan manajer Erik ten Hag di tengah musim 2024/2025. Kinerja MU tak konsisten sehingga membuat kecewa manajemen tim. Padahal Ten Hag sudah dimanjakan dengan mengeluarkan dana lebih dari 200 juta euro untuk merekrut lima pemain permintaannya.

MU sempat lima pertandingan beruntun gagal meraih kemenangan di berbagai ajang. Setan Merah baru bisa menang lagi akhir pekan kemarin. Itupun dengan susah payah menjinakkan Brentford 2-1 di Old Trafford pada lanjutan Liga Inggris.

Beberapa pelatih top sudah dibidik MU untuk menggantikan Ten Hag. Konon rencana terbesar investor MU Sir Jim Ratcliffe adalah membawa eks arsitek Real Madrid Zinedine Zidane ke Old Trafford sebagai manajer pengganti Ten Hag.

Ratcliffe sudah memulai proses perekrutan Zidane. Dia menugasi orang kepercayaannya Jean Claude Blanc untuk melakukan pendekatan kepada Zidane. Blanc kebetulan juga berasal dari Prancis dan memang sudah kenyang pengalaman mengurus sepak bola. Blanc sebelumnya kerja di Paris Saint-Germain dan Juventus.

Namun rencana besar MU memakai jasa Zidane bisa terancam. Arab Saudi jadi ancaman serius bagi The Red Devils. Federasi Sepak Bola Arab Saudi dilaporkan juga menginginkan Zidane untuk menjadi pelatih tim nasional mereka.

Saat ini Arab Saudi ditangani oleh eks pelatih Manchester City dan Inter Milan, Roberto Mancini. Namun pria Italia itu sedang terancam pemecatan akibat prestasi buruk Arab Suadi di putaran tiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.

2 dari 4 halaman

Zidane Calon Pengganti Mancini di Timnas Arab Saudi

Arab Saudi gagal menang pada dua laga kandang di putaran tiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia. Salem Muhamed Al-Dawsari harus puas bermain imbang saat menjamu timnas Indonesia dan Bahrain. Akibatnya Arab Saudi terancam gagal meraih tiket lolos langsung ke putaran final Piala Dunia 2026.

Kabarnya Arab Saudi sedang dalam pembicaraan dengan Mancini untuk mengakhiri kerjasama lebih awal. Arab Saudi rela membayar pesangon yang mahal untuk mendepak Mancini. Mereka akan membayar 30 juta euro.

Setelah Mancini dipecat, Arab Saudi diklaim Corriere della Sera menginginkan Zidane yang memegang kendali. Mereka siap menyalip MU dengan menawarkan gaji yang jauh lebih besar kepada Zidane. Tawaran mewah ini juga yang membuat Mancini tergiur sehingga memilih meninggalkan timnas Italia.

3 dari 4 halaman

Nasib Zinedine Zidane

Zidane sendiri saat ini sedang menganggur sejak meninggalkan Real Madrid pada tahun 2021. Eks pemain Juventus itu disinyalir memang ingin melatih tim nasional. Bidikan awal Zidane adalah memoles timnas Prancis menggantikan Didier Deschamps.

Namun posisi Deschamps saat ini relatif masih aman. Tawaran dari Arab Saudi dengan gaji selangit bisa membuat Zidane tergoda. MU harus waspada dengan adanya keinginan Arab Saudi ini. Gaji yang ditawarkan Arab Saudi bak bumi dan langit dengan proposal dari MU.

4 dari 4 halaman

Klasemen Liga Inggris