Sukses

Kejurnas Angkat Besi Junior 2024 Digelar di Surabaya, Diharapkan Lahir Penerus Eko Yuli

Kejurnas Angkat Besi Junior 2024 diharapkan bisa melahirkan atlet penerus bagi Eko Yuli Irawan.

Liputan6.com, Jakarta- Ketum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat Letjen TNI Purn Marciano Norman mengapresiasi pelaksanaan Kejuaraan Nasional Angkat Besi Junior U18 – U20 Pupuk Indonesia 2024 di Surabaya. Marciano berharap bisa lahir atlet angkat besi berbakat yang dapat mengharumkan nama Indonesia di masa mendatang.

Sebanyak 93 atlet dari 22 provinsi ikut pada kejuaraan nasional angkat besi pertama yang diselenggarakan di lantai 5 hotel berbintang.

Konsistensi pembinaan atlet yang dilakukan Pengurus Besar Persatuan Angkat Besi Seluruh Indonesia (PB.PABSI) yang dipimpin Rosan Roeslani bersama Sekjen Mayjen TNI Mar Purn Djoko Pramono juga disanjung oleh Marciano.

“Cabang olahraga angkat besi adalah satu cabang olahraga yang selalu membuat Indonesia bangga karena prestasinya” kata Ketum KONI Pusat dalam sambutannya tanggal 22 Oktober 2024 di Hotel Santika Premiere Gubeng, Surabaya.

Kejuaraan kali ini diyakini akan mencetak atlet masa depan Indonesia yang siap membuat bangga bangsa dan negara karena prestasinya.

“Saya memberikan penghormatan tinggi kepada PT.Pupuk Indonesia (Persero) karena selama ini mendukung PB.PABSI. Melalui event ini, akan lahir Rizki Juniansyah, Eko Yuli Irawan, Rahmat Erwin, Windy Cantika yang baru,” tegas Marciano.

2 dari 3 halaman

Kesuksesan di Olimpiade

Apresiasi pun diberikan kepada PB.PABSI yang didukung oleh PT.Pupuk Indonesia sehingga patut dicontoh.

“Menjadi salah satu cabang olahraga yang bisa dicontoh oleh cabang-cabang olahraga lainnya, saya berterima kasih kepada Pak Rosan, Pak Djoko, Pak Hadi dan seluruh pelatih dan pengurus yang membuat ini semua terjadi, tapi dengan itu saja tidak cukup kalau tidak ada dukungan PT Pupuk Indonesia di belakangnya” jelasnya.

“Kolaborasi BUMN dalam mendukung olahraga prestasi, salah satu contoh yang berhasil terjadi pada PT.Pupuk Indonesia mendukung angkat besi,” lanjutnya.

Marciano turut memuji hasil kejuaraan yang diselenggarakan. “Di Aceh, atlet-atlet angkat besi yang hadir sebagai peserta PON telah memecahkan 15 rekor PON dan 8 rekor nasional. Mereka tidak mungkin memecahkan rekor apabila pembinaannya tidak baik,” puji Ketum KONI Pusat.

“Juara SEA Games, Juara Asian Games, Juara Olimpiade adalah hasil kejuaraan-kejuaraan nasional yang dilakukan, mulai Kejurnas hingga PON,” jelasnya.

3 dari 3 halaman

Angkat Besi Diharapkan Bisa Sumbang Lebih Banyak Emas

Ke depan, Marciano berharap angkat besi dapat menyumbang lebih dari satu medali emas pada Olimpiade yang akan datang di Los Angeles dan Brisbane.

Adapun prestasi membanggakan meraih emas Olimpiade Paris 2024 juga berkat dukungan PT.Pupuk Indonesia. “7 kali Olimpiade, selalu kita berikan medali untuk Sang Merah Putih, baru kemarin kita meraih emas berkat dukungan PT.Pupuk Indonesia,” tegas Djoko Pramono.

“Olimpiade yang akan datang, pada perhelatan Los Angeles nanti menjadi sasaran yang realistis yang dapat dipertanggungjawabkan, bersama dukungan dari seluruh pihak, baik pemerintah, lembaga, organisasi olahraga, khususnya dukungan dan bantuan dari PT.Pupuk Indonesia menjadi motivasi yang kuat bagi PB.PABSI,” kata Rosan pada sambutan yang dibacakan Sekjen PB.PABSI.

“Sebagai BUMN kami tidak hanya mencari profit namun juga memberikan kontribusi. Kejuaraan Angkat Besi sebelumnya, banyak melahirkan Lifter-Lifter hebat, kami turut bangga,” kata Tina T. Kemala Intan, Direktur SDM PT.Pupuk Indonesia.