Sukses

3 Fakta Menarik Kemenangan 4-1 Barcelona vs Bayern Munchen: Torehan Spesial Raphinha di Liga Champions

Barcelona untuk pertama kali sejak 2015 berhasil mengalahkan Bayern Munchen bahkan dengan skor fantastis di Liga Champions.

Liputan6.com, Jakarta Barcelona mampu mengakhiri mimpi terburuk mereka usai menang 4-1 atas Bayern Munchen pada matchday 3 Liga Champions di stadion Olympic LLuis Companys, Kamis (24/10/2024). Raphinha mencetak hattrick, sedangkan satu gol lagi dicetak oleh Robert Lewandowski.

Di laga ini, Barcelona sudah gaspol sejak menit awal. Permainan taktis dan sat set ala Hansi Flick langsung membuahkan gol ketika Raphinha mengecoh Manuel Neuer di menit ke-1.

Harry Kane mampu membalas dengan gol indah di menit ke-18 sehingga skor 1-1. Namun Barca tak berhenti mencetak gol lewat Lewandowski ( menit ke-36) dan Raphinha lagi (45 dan 56).

Permainan taktis Barcelona benar-benar membuat Bayern Munchen bingung. Klub asal Bavaria yang sebelumnya tak terkalahkan di enam pertemuan lawan Barca, benar-benar kesulitan menahan permainan taktis Barcelona.

Faktanya, ini kemenangan pertama Barcelona sejak duel 7 Mei 2015 kala mengalahkan Munchen 3-0. Yang mengerikan, enam pertandingan setelah laga itu, Barca kalah terus dan hanya mampu cetak 4 gol. Sedangkan Bayern Munchen bisa mencetak 22 gol!

Pengaruh Hansi Flick yang hadir di Barcelona sangat kentara di laga ini. Pernah sukses di Munchen, Flick sepertinya tahu betul untuk mengalahkan mantan klub asuhannya dengan cara yang taktis.

 

 

 

2 dari 4 halaman

Vincent Kompany Minim Strategi

Pelatih Bayern Munchen Vincent Kompany seperti minim strategi lawan Barcelona. Kondisi ini bisa menyebabkan dia semakin disorot, terlebih dia terbilang pelatih "kemarin sore".

Munchen seperti terjebak dengan permainan Barcelona. Mereka asyik menyerang dan kesulitan meredam serangan balik Barcelona yang begitu taktis dan mematikan.

Kompany seperti memerintahkan anak asuhnya untuk mewaspadai Lamine Yamal. Namun justru Fermin Lopez yang sukses mencetak 2 assist. Dua assist lainnya dibagi dengan Marc Casado dan juga Lamine Yamal.

Lalu apa fakta menarik di balik kemenangan fantastis dan melegakan buat fans Barca ini. Simak di halaman berikutnya.

 

3 dari 4 halaman

Fakta Menarik Barcelona vs Bayern Munchen

 

Berikut 3 fakta menarik usai pertandingan Barcelona vs Bayern Munchen:

1. Barcelona menurunkan pemain dengan usia rata-rata 24 tahun 185 hari melawan Bayern Munchen. Ini menjadi skuad termuda yang pernah mengalahkan di pertandingan Liga Champions.

2. Raphinha menjadi pemain keempat dalam sejarah Piala Champions atau Liga Champions yang bisa mencetak hattrick lawan Bayern Munchen. Sebelumnya ada Roy Makaay, Serio Aguero dan Cristiano Ronaldo.

3. Raphinha menjadi pemain kedua di sejarah Barca yang bisa mencetak 2 gol di babak pertama saat melawan Bayern Munchen. Sebelumnya, ini dilakukan oleh Neymar pada 2015.

 

4 dari 4 halaman

Susunan Pemain Barcelona vs Bayern Munchen

 

Barcelona (4-2-3-1): 13 Inaki Pena; 24 Jules Kounde, 2 Pau Cubarsi, 5 Inigo Martinez,3 Balde; 17 Casado, 8 Pedri; 19 Yamal, 16 Fermin Lopez, 11 Raphinha; 9 Robert Lewandowski

Bayern Munchen (4-2-3-2): 1 Manuel Neuer; 22 Guerreiro, 2 Upamecano, 3 Kim Min-Jae, 19 Davies; 6 Kimmich, 16 Palhinha; 17 Olise, 25 Muller, 7 Gnabry; 9 Kane

Â