Sukses

Pesta Gol ke Gawang Kepulauan Mariana Utara, Timnas U-17 Indonesia Bidik Kemenangan Atas Australia

Pelatih timnas Indonesia U-17 Nova Arianto menyebut kemenangan atas Kepulauan Mariana Utara sebagai modal penting sebelum menghadapi Australia, Minggu (27/10/2024).

Liputan6.com, Jakarta - Pelatih timnas Indonesia U-17 Nova Arianto menyebut kemenangan atas Kepulauan Mariana Utara sebagai modal penting sebelum menghadapi Australia, Minggu (27/10/2024).

Indonesia menang 10-0 pada pertarungan Grup G kualifikasi Piala Asia U-17 2025 di Stadion Abdullah Alkhalifa Alsabah, Jumat (25/10/2024) malam WIB. Hasil ini menempatkan Garuda Muda di posisi dua klasemen sementara di bawah Australia.

Memiliki enam poin, Indonesia kalah selisih gol dari Australia yang sempat menghajar Kepulauan Mariana Utara 19-0. Namun, hasil tersebut tidak akan dihitung menyusul mundurnya Lebanon pada persaingan Grup H. Rapor untuk menentukan juara dan runner-up hanya berdasar kinerja di antara tiga tim terbaik saja. 

"Yang pasti ini adalah hasil yang kita syukuri. Sejak awal, kita sudah mempersiapkan pemain untuk nantinya menghadapi Australia. Semua pemain yang belum bermain, kita mainkan hari ini," ungkap Nova dilansir situs resmi federasi.

“Fokus kita adalah pertandingan terakhir melawan Australia, dan kita ingin memenangkan pertandingan tersebut. Itulah kenapa kami menyimpan beberapa pemain yang biasanya menjadi starter agar nantinya lebih siap, sehingga kita bisa meraih tiga poin melawan Australia," jelas Nova.

2 dari 3 halaman

Jalan Pertandingan Indonesia U17 vs Kepulauan Mariana Utara U17

Anak asuh Nova Arianto langsung tancap gas begitu partai dimulai. Garuda Muda sudah mencetak gol di menit kedua melalui Zahaby Gholy, yang kemudian menggandakan keunggulan tujuh menit berselang.

Setelah melewatkan sejumlah peluang, Indonesia kembali mencetak gol melalui Aldyansyah Taher ('16, 24), Evandra Florasta ('21), dan I Komang Gelgel ('23).

Indonesia terus mencoba menambah gol demi mengejar defisit. Namun, perasaan tersebut membuat permainan menjadi terburu-buru sehingga peluang terbuang percuma.

Usai melewatkan sejumlah kans, gol akhirnya tiba melalui I Komang Gelgel ('43). Timnas masih mendapat beberapa kesempatan di sisa waktu, tapi tidak bisa menambah gol.

3 dari 3 halaman

Babak Kedua Timnas Indonesia U17 vs Kepulauan Mariana Utara U17

Di awal babak kedua, Nova Arianto mengganti sejumlah personel, salah satunya Alberto Hengga. Namun, kehadian darah segar tidak langsung berbuah gol. Garuda Muda bahkan gagal memperlebar skor pada 15 menit pertama.

Nova Arianto merespon dengan memasukkan striker andalan Mierza Firjatullah. Percobaan pertamanya masih melambung.

Indonesia akhirnya mendapat gol lagi melalui Ida Bagus Cahya di menit ke-69. Setelahnya Garuda Muda kesulitan mencatat gol. Kepulauan Mariana Utara menumpuk pemain di depan gawang.

Buruknya penyelesaian akhir juga menjadi faktor, dengan kiper Edward Arriola III melakukan sejumlah penyelamatan. 

Gol kesembilan tiba jelang berakhirnya partai, tepatnya lewat Daniel Alfrido ('88). Aldyansyah Taher lalu sempat mengira mencetak hattrick, tapi golnya dianulir.

Indonesia akhirnya mencapai dua dijit lewat Alberto Hengga di menit ke-90+2.