Sukses

Manchester United Resmi Berpisah dengan Erik ten Hag

Ten Hag lengser sebagai manajer MU setelah kalah 1-2 saat dijami West Ham United.

Liputan6.com, Jakarta- Manchester United akhirnya mengumumkan perpisahan dengan manajer Erik ten Hag pada Senin 28 Oktober 2024 petang WIB. Ten Hag didepak usai hasil memalukan kekalahan dari West Ham United di Liga Inggris tadi malam.

MU kalah 1-2 saat berkunjung ke London. Kekalahan dari The Hammers membuat MU terpuruk di posisi 14 dengan cuma meraih 11 poin dari sembilan laga yang dilakoni.

"Erik ten Hag telah meninggalkan perannya sebagai manajer tim utama Manchester United. Kami berterima kasih kepada Erik atas semua yang telah dia lakukan selama waktunya bersama kami dan berharap dia baik untuk masa depan," demikian pernyataan resmi MU.

Ten Hag sendiri ditunjuk menjadi manajer MU pada April 2022 dan memimpin klub ke dua trofi domestik dengan memenangkan Piala Carabao pada 2023 dan Piala FA pada 2024.

Selanjutnya MU akan ditangani Ruud van Nistelrooy sebagai caretaker. Sebelumnya pria Belanda itu merupakan asisten Ten Hag yang mulai bergabung pada musim panas 2024.

MU memakai Van Nistelrooy karena sedang mencari pelatih yang cocok untuk menjadi pengganti permanen bagi Ten Hag. Mereka nampaknya cukup kesulitan menemukan sosok tepat sehingga belum bisa langsung memakai pelatih permanen usai memecat Ten Hag. 

 

2 dari 4 halaman

Reputasi Ten Hag di Manchester United

Di Liga Inggris, Ten Hag total menangani MU dalam 85 pertandingan. Hasilnya kurang memuaskan. The Red Devils cuma menang 44 kali, imbang 14 kali dan kalah 27 kali.

Pria plontos itu juga disorot karena praktek Nepotisme yang dilakukannya di MU. Ten Hag senang merekrut pemain dari negaranya Belanda atau dari bekas klubnya Ajax Amsterdam seperti Antony, Lisandro Martinez, Matthijs de Ligt, Andre Onana, Tyrell Malacia hingga Joshua Zirkzee.

 

3 dari 4 halaman

MU Terpuruk di Liga Europa

Prestasi MU tak cuma buruk di Liga Inggris saja bersama Ten Hag musim ini. Setan Merah babak belur di Liga Europa. Dari tiga laga yang dilakoni, MU belum pernah menang.

Bruno Fernandes dan kawan-kawan terpuruk di posisi 21 setelah cuma mendapatkan tiga poin saja dari tiga laga yang dijalani.

 

4 dari 4 halaman

Klasemen Liga Inggris