Sukses

Timnas U-14 Pasang Target yang `Sederhana` di Myanmar

Selaku pelatih tim nasional Indonesia U-14, Mundari Karya ingin anak-anak asuhnya diberikan banyak kesempatan berlaga di ajang internasional.

Uji coba yang dilakukan tim nasional Indonesia U-14 pada Jumat (24/5/13) WIB dapat dikatakan berjalan mulus. Dalam laga yang digelar di lapangan Gelanggang Olahraga Pelita Jaya, Sawangan, Jawa Barat, mereka mampu mengalahkan lawannya yakni Sekolah Sepakbola Rajawali Muda dengan skor telak  7-0.

Laga uji coba ini menjadi yang terakhir dilakukan oleh skuat asuhan Mundari Karya. Minggu (26/3/13) mereka dijadwalkan untuk bertolak ke Myanmar guna mengikuti kualifikasi AFC 2014.

Menurut Mundari, skuat muda seperti yang sudah ada saat ini perlu lebih banyak mendapatkan kesempatan untuk berlaga di ajang internasional. Menurutnya, kesempatan tersebut bisa menjadi cikal bakal lahirya para pemain hebat di masa mendatang.

“Kesempatan ini tentunya bagus, terutama untuk kegiatan-kegiatan resmi seperti ajang AFC. Kalau kita mau membangun para pemain muda, tentunya kita harus memberi banyak kesempatan bagi mereka untuk berada di ajang internasional,” ucapnya.

Bicara soal persiapan tim, mantan pelatih PSPS Pekanbaru ini tak mau menargetkan hasil tinggi. Baginya, proses pembentukan pemain saat ini lebih penting ketimbang hasil yang didapat di lapangan.

“Yang terpenting bagi mereka saat ini adalah proses bagaimana mereka terbentuk menjadi lebih baik. Bukannya kami tak punya target, sebab target itu juga penting. Namun anak-anak saat ini memiliki peluang untuk bermain baik di usia seperti ini dan itu yang paling penting,” tegasnya.

“Bermain baik memang penting, tapi cakupannya kan luas. Jangan dibalik, kita maunya menang dulu, sehingga bisa melupakan permainan sepakbola itu sendiri. Jadi inilah target kita, bermain sebaik mungkin dan hasilnya nanti akan kita laporkan pada PSSI,” tambahnya.

Dari dua uji coba yang telah dilakukan dalam minggu ini, tim Garuda muda memang tampil mengesankan. Sebelum menundukkan SSB Rajawali Muda, Timnas U-14 juga mampu mengalahkan SSB Bekasi Putra dengan skor 6-1.

Kini, Mundari sudah mengantungi 21 pemain yang siap dibawa ke kualifikasi AFC di Myanmar 28 Mei-3 Juni mendatang. Berikut susunannya:
 
Kiper:
Mochammad Rafli Firmansyah
Reza Agus Febrian
 
Belakang:
Rishad Baihaqi Dharmayuman
Fauzan Rifandi
Imam Faudji
Rama Pamungkas
Diki Bintara
Yuswanto Aditya
Mohamed Kicko Maradona
 
Tengah:
Riza Alfin Zidane
Dava Aldiansyah Ramadhan
Muhammad Donanda Ilham
Aria Bisma Bagaskara
Muhammad Fitroh Faidzin
Emir Dzikri Ummari
Kevil Shael Amarlolin
Muhammad Iqbal
 
Depan:
Muhammad Rafi
Bayu Yudha Pratama
Egy Maulana Vikri
Ferdiyansyah

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini