Sukses

Empat Debutan yang `Tokcer` di Pekan Pertama Liga Inggris

Sejak bursa transfer dibuka pada 1 Juli, klub-klub kedatangan kurang lebih 50 pemain baik dari lokal atau pun luar negeri.

Hampir seluruh partai di pekan pertama Liga Inggris sudah digelar. Satu yang belum adalah Manchester City kontra Newcastle United yang akan dimainkan pada Senin, 19 Agustus 2013.

Dari sembilan partai tersebut tercatat 21 gol tercipta. Tapi bukan itu yang menarik perhatian. Sorotan tertuju pada pemain anyar klub-klub peserta Liga Premier.

Sejak bursa transfer dibuka pada 1 Juli, klub-klub kedatangan kurang lebih 50 pemain baik dari lokal atau pun luar negeri. Dari deretan para muka baru tersebut, terdapat beberapa pemain yang cukup bersinar di debut mereka.

Berikut empat nama pemain anyar yang bersinar di debutnya pada musim 2013/14 seperti yang dikutip dari berbagai sumber, Senin (19/8/13):

1. Roberto Saldado (Tottenham Hotspur)

Pemain anyar Tottenham Hotspur, Roberto Soldado, mencetak gol dari titik putih dalam laga debutnya di Liga Premier 2013/2014 kontra tim promosi Crystal Palace di Selhurst Park, London, Minggu (18/8/2013).

Penyerang berpaspor Spanyol tersebut menjadi pahlawan bagi timnya memetik poin penuh di markas Palace. Tottenham mendapatkan hadiah penalti setelah umpan crossing Aaron Lennon dicoba dihalau dengan tangan oleh pemain Palace, Dean William Moxey.

Soldado yang dibeli dengan harga 26 juta poundsterling dari Valencia musim ini, maju sebagai eksekutor dan dengan tenang menendang bola ke gawang mengecoh kiper Julian Speroni.

Reputasi Soldado dalam membobol gawang lawan memang tak bisa dipandang sebelah mata. Saat mengenakan jersey Valencia, Soldado pernah mendapatkan Trofeo Zara alias penghargaan untuk pemain lokal paling tajam di Spanyol, pada musim 2011/2012.


2. Antonio Luna (Aston Villa)

Antonio Luna menjadi rekrutan Villa keempat pada bursa transfer musim panas ini. Sebelumnya manajer Paul Lambert sudah berhasil melabuhkan Jores Okore, Aleksandar Tonev, dan Leandro Bacuna pada Juni.

Dalam debutnya kontra Arsenal, Luna suskes memberikan performa yang cukup baik. Luna berhasil mencetak gol ketiga Villa dalam laga itu di menit ke-85. Lewat sebuah serangan balik, Luna yang menerima bola dari Andreas Weimann kemudian melesakkan bola ke gawang Szczesny.

Gol itu membuat mental Arsenal semakin terpuruk ketika berusaha mengejar ketinggalan gol dari Villa. Selain mencetak satu gol, Luna juga berhasil mengunci para pemain sayap Arsenal agar tidak berkembang dalam pertandingan tersebut.

Walaupun ada sedikit cerita ketika tindakan tak sengajanya membuat Alex Oxlade-Chamberlain harus cedera cukup parah atas pelanggaran yang dilakukannya.

3. Simon Mignolet (Liverpool)

Liverpool mengawali Premier League musim 2013-14 dengan hasil positif. Pada laga perdana, Sabtu 17 Agustus 2013, The Reds meraup poin penuh meski hanya menang 1-0 atas Stoke City lewat gol tunggal Daniel Sturridge.

Tapi, kemenangan Liverpool nyaris batal ketika pertandingan memasuki menit ke-87. Stoke City mendapatkan hadiah tendangan penalti setelah Daniel Agger menyentuh bola dengan tangan.

Eksekusi Jonathan Walters ke sisi kiri bawah berhasil diblok oleh Simon Mignolet. Mantan kiper Sunderland itu menjadi aktor penyelamat tiga angka The Kop dalam pertandingan yang tinggal menyisakan tiga menit.

4. Ricky Wolfswinkel (Norwich City)

Everton nyaris meraih kemenangan pertama musim ini ketika dijamu Norwich City, Sabtu (17/8/13) di Stadion Carrow Road. Sayang, kemenangan ini dibuyarkan oleh gol Ricky Wolfswinkel di menit ke-71.

Whittaker melepaskan umpan ke sudut jauh, umpannya langsung disambar Wolfwinkel lewat sundulan. Skor bertahan 2-2 sampai pertandingan berakhir.

Wolfswinkel didapatkan dari Sporting Lisbon yang tengah dililit masalah keuangan. Penyerang berusia 24 tahun itu akan bergabung dengan The Canaries setelah kedua klub menyepakati biaya transfer senilai 10 juta euro.

Wolfswinkel  suskes membukukan 39 gol dalam 81 pertandingan untuk klub sejak dibeli dari FC Utrecht pada tahun 2011, tetapi dengan utang sebesar 260 juta euro. Mantan juara Portugal itu tidak memiliki pilihan selain menjual aset berharga mereka tersebut pada Norwich.

Beruntung Norwich membeli Wolfswinkel . Gol pertamanya di ajang Liga Premier Inggris menyelamatkan Norwich dari kekalahan atas Everton. (bek)

Baca juga:
* Impresifnya Aksi Mourinho di Laga Perdana
* Juara di Indianapolis, Marquez Puncaki Klasemen MotoGP
* Barcelona Bantai Levante
* Gol Telat Isco Menangkan Madrid
* [VIDEO] Gol-gol Chelsea ke Gawang Hull
* [VIDEO] Pesta Gol Juve di Piala Super Italia
* [VIDEO] Gol-gol MU vs Swansea
* [VIDEO] Liverpool Menang Tipis Lawan Stoke

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.