Sukses

FIFA Tolak Wasit Asal Nigeria karena Korup?

Direktur Jenderal Komisi Olahraga Nigeria, Hon. Gbenga Elegbeleye, mengatakan wasit Nigeria tidak dipakai FIFA karena korup.

Badan sepakbola tertinggi di dunia, FIFA, kerap melibatkan banyak elemen saat menggelar event besar seperti Piala Dunia. Seperti misalnya wasit. FIFA membuka pintu lebar-lebar untuk para wasit yang memiliki kualifikasi terbaik untuk dilibatkan ke turnamen sekelas Piala Dunia.

Namun, bukanlah perkara mudah untuk para wasit agar bisa mendapat kepercayaan FIFA. Bukan hanya sertifikat yang dipegang sang wasit jadi patokan, tapi juga kinerja wasit saat berada di dalam atau di luar lapangan, yang pasti wasit tidak mudah dipengaruhi siapa pun.

Sayangnya, tidak di Nigeria. Seperti yang diungkapkan oleh Direktur Jenderal Komisi Olahraga Nasional Nigeria, Hon. Gbenga Elegbeleye, wasit-wasit yang dimiliki Nigeria tidak akan bisa menarik perhatian FIFA karena mereka terlalu mudah dipengaruhi dan korup. Selain itu, di Nigeria memiliki tren 'Tuan Rumah Harus Menang'.

"Tim tuan rumah akan mengantar anda (wasit) ke stadion, membawanya ke hotel dan makan bersama. Bagaimana anda bisa berpikir jika wasit bisa objektif dalam memimpin pertandingan," ujar Elegbeye saat berada di Abuja National Stadium seperti yang dilaporkan Daily Trust.

Namun, ungkapan itu langsung disanggah oleh Humas Asosiasi Wasit Nigeria, Robert Akpenpuun. "Saya tidak setuju," ujar Akpenpuun.

"Karena saat Piala Afrika, wasit Nigeria, Peter Edibe memimpin pertandingan. Dan dia akan berangkat ke Piala Dunia," sanggah Akpenpuun.(Gan)

Baca juga:
* <a href="http://bit.ly/19h5O9G">Hasil Pertandingan Liga Champions Matchday 1</a>
* <a href="http://bit.ly/18aFqBo">Dikalahkan Basel, Ini Komentar Mou</a>
* <a href="http://bit.ly/16GlR3y">Oezil Kena Ospek Ala Skuat Arsenal</a>
* <a href="http://bit.ly/18aFFwj">Messi Hat-trick, Valdes Tampil Sempurna</a>
* <a href="http://bit.ly/1f9viMv">Begini Senyum Ronaldinho Pasca Operasi Gigi</a>
* <a href="http://bit.ly/1gAZxcV">[VIDEO] Gol-gol Barcelona ke Gawang Ajax</a>
* <a href="http://bit.ly/18cptJc">[VIDEO] Mourinho Damprat Wartawan</a>

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.