Sukses

Ditanya Nasibnya di Timnas, ini Jawaban Jacksen

"Jangan tanya dulu soal saya di timnas Indonesia. Saat ini saya fokus untuk meraih kemenangan bagi timnas atas China," ujar Jacksen.

Jacksen F Tiago dikabarkan akan segera mengundurkan diri dari jabatan pelatih tim nasional Indonesia. Kontrak Jacksen sendiri di Timnas Indonesia masih berlaku sampai akhir putaran kualifikasi Pra Piala Asia, yang artinya sampai Maret 2014.

Namun, belakangan ini, pelatih kelahiran Rio de Jainero tersebut santer dikabarkan bakal mundur dari jabatannya. Jacksen disebut ingin melatih di luar negeri, tepatnya di Liga China.

Saat ditanya seusai latihan timnas senior pada Minggu (13/10/2013) di Stadion Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jacksen enggan menanggapi kabar ini. Ia memilih untuk fokus mempersiapkan Timnas Indonesia saat menghadapi China, 15 Oktober mendatang.

"Jangan tanya dulu soal saya di timnas Indonesia. Saat ini saya fokus untuk meraih kemenangan bagi timnas atas China," ujar Jacksen.

"Apakah ada pentingnya masalah status saya di timnas dengan pertandingan Indonesia kontra China?," ungkap Jacksen sambil bercanda.

Jacksen memang pada September lalu bertolak ke China untuk memantau kekuatan Timnas mereka. Tapi selain itu, Jacksen diduga ke sana atas undangan seorang kerabat sebagai langkah menjajaki kesempatan dengan salah satu klub asal Negeri Tirai Bambu tersebut.

Jacksen memulai karier kepelatihannya di klub Assyabaab Surabaya. Setahun kemudian, dia direkrut oleh Persebaya Surabaya. Di musim pertamanya Jacksen langsung menggebrak dan membawa Bajul Ijo menjadi juara Divisi I pada musim 2002/03.

Sebuah pencapaian fantastis ketika di musim berikutnya Jackson juga berhasil mengantar Persebaya menjadi juara Divisi Utama Liga Indonesia musim 2003/04.

Setelahnya, Jacksen sempat berpindah-pindah klub, sebelum akhirnya membesut Persipura Jayapura pada 2008 lalu. Bersama Mutiara Hitam, Jacksen mempersembahkan tiga gelar ISL, yakni pada 2008/2009. 2010/2011, dan 2011/2012. (Def)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini