Sukses

VO2 Max Timnas U-19 Menurun, Tapi Evan Dimas Tetap Tertinggi

Penurunan drastis justru terjadi oleh sang kapten, Evan Dimas Darmono. Sebelumnya, pria asal Surabaya itu 55 kini dia hanya 50.

Timnas Indonesia U-19 sudah berlatih di Batu dari tanggal 9 November silam. Tapi berdasarkan hasil tes fisik yang dilakukan saat pemusatan latihan terlihat VO2 Max pemain Timnas Indonesia U-19 menurun drastis.

Hal itu diterangkan oleh dokter Timnas U-19, Alfan Nur Ashar saat dihubungi wartawan, Rabu (13/11/2013). Sebelumnya, VO2 Max Evan Dimas cs berada di kisaran 55 hingga 59,44.

Penurunan drastis justru terjadi oleh sang kapten, Evan Dimas Darmono. Sebelumnya, pria asal Surabaya itu 55 kini dia hanya 50. Tapi hasil ini jauh lebih baik daripada rekan-rekannya yang lainnya.

"Nilai VO2 Max paling tinggi tetap Evan Dimas, nilainya 55. Tapi saya kurang hafal siapa-siapa saja yang paling tinggi dan rendah. Yang pasti kisarannya ada di antara 50 hingga 55," jelas Alfan saat dihubungi wartawan.

Penurunan itu bisa disebabkan beberapa faktor. Alfan menjelaskan ada dua faktor yang menyebabkan penurunan VO2 Max pemain besutan Indra Sjafri tersebut.

Alasan penurunan VO2 Max Evan Dimas cs disebutkan karena mereka mengalami sedikit kelelahan selepas ajang Piala AFF U-19 di Sidoarjo dan Kualifikasi Piala Asia U-19 di Jakarta.

"Kelelahan jadi hal yang utama. Tapi, melalui beberapa tes yang akan dilakukan beberapa hari ke depan, kondisi fisik mereka pasti akan meningkat lagi. Kami masih berusaha untuk memulihkan kondisi mereka seperti semula," tambah Alfan. (Jef)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.