Sukses

Lawan Indonesia, China Khawatirkan Wasit Asal Australia

Wasit berusia 35 tahun tersebut kerap tidak membawa keberuntungan bila memimpin laga yang melibatkan tim-tim asal China.

Konfederasi sepakbola Asia (AFC) telah menunjuk wasit asal Australia Peter Green untuk memimpin pertandingan antara China kontra Indonesia di Stadion Shanxi, Jumat (15/11/2013), dalam matchday keempat Grup C kualifikasi Piala Asia 2015.

Penunjukan Green ini mendapat sorotan dari media massa di China. Sebab, wasit berusia 35 tahun tersebut kerap tidak membawa keberuntungan bila memimpin laga yang melibatkan tim-tim asal China.

Dilansir Xinhua dan dikutip Goal.com, dengan penunjukan itu, maka Green akan tiga kali memimpin laga yang melibatkan China. Sebelumnya, Green pernah menjadi pengadil lapangan di ajang Liga Champions Asia dan kualifikasi Piala Dunia 2014.

Pada 2011 di fase grup Liga Champions Asia, klub Cina Shandong Luneng menelan kekalahan 0-1 dari Jeonbuk Hyundai (Korea Selatan). Sedangkan di kualifikasi Piala Dunia 2014 pada November 2011, Cina dipaksa menyerah 0-1 dari Irak, salah satu hasil yang turut membuat tim Negeri Tirai Bambu gagal lolos ke putaran final kualifikasi.

Bila Cina tidak beruntung dipimpin Green, tak demikian dengan Indonesia. Tim Garuda pernah merasakan kepemimpinan Green pada leg kedua final Piala AFF 2010. Saat itu, Indonesia menundukkan Malaysia 2-1 di Stadion Utama Gelora Bung Karno Jakarta. Meski, saat itu, Indonesia tak berhasil menjadi juara Piala AFF 2010 karena di leg pertama dihajar Malaysia 0-3. (Def)