Sukses

Jacksen Tiago Tak Menjagokan Messi dan Ronaldo

FIFA akan menentukan peraih Ballon d'Or Januari mendatang. Messi dan Ronaldo dijagokan. Tapi Jacksen F Tiago menjagokan penyerang Muenchen.

Januari tahun depan Federasi Sepakbola Dunia (FIFA) akan mengumumkan siapa yg berhak meraih gelar FIFA Ballon d'Or 2013 sebagai bentuk penghargaan kepada pemain terbaik dunia. Ada beberapa pemain kelas dunia seperti Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi yang menjadi nominator.

Namun menurut Pelatih Tim Nasional Indonesia, Jacksen F Tiago, yang pantas mendapatkan Ballon d'Or adalah punggawa Bayern Muenchen.

"Bisa Ribery, Robben, Schweinsteiger dan yang lainnya," kata pelatih asal Brasil itu di Senayan, Senin (18/11/2013).

Jacksen menjelaskan, penilaian yang paling adil dalam memilih pemain terbaik adalah prestasi pemain tersebut, baik bersama klub maupun timnasnya. Dan di tahun 2013, Muenchen merupakan salah satu klub tersukses dengan meraih treble winner setelah menjuarai Bundesliga, Piala Jerman, dan Liga Champions.

"Jika ingin adil maka penilaian utamanya harus berdasarkan prestasi yang diraih pemain tersebut. Nama besar saja tidak cukup untuk menjadi pemain terbaik. Jadi saya pilih salah satu dari pemain Muenchen," ucap pelatih berusia 45 tahun itu.

Ya, pada 2013 Muenchen sukses menjuarai Bundesliga setelah di akhir kompetisi berhasil mengungguli kompetitornya Borussia Dortmund. Sementara di Piala Jerman mereka berhasil mengalahkan Stutgart dengan skor 3-2. Sedangkan di final Liga Champions menekuk Dortmund 2-1 di Stadion Wembley, Inggris. (Thm/Vin)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.