Sukses

Gading Open, Tes Kemampuan Atlet Berkuda SEA Games

The Gading Open 2013 adalah seri keempat yang merupakan final FEI World Cup Jumping SEA League.

Atlet berkuda Indonesia yang akan tampil di Sea Games Myanmar Desember mendatang akan diasah kemampuannya dalam kompetisi The Gading Open 2013 di Detasemen Kavaleri Berkuda, Parongpong, Jawa Barat pada 22-24 November mendatang.

Dalam kompetisi tersebut akan digelar dua turnamen, yakni Final FEI World Cup Jumping SEA League dan kualifikasi Asian Games 2014.Kompetisi ini akan diikuti oleh 150 peserta dan 12 diantaranya merupakan atletIndonesia yang akan tampil di Sea Games 2013.

Kendati demikian menurut Ketua Bidang Pembinaan dan Prestasi Federasi Equestrian Indonesia (EFI), Prasetiono Sumiskum, kompetisi ini bukan merupakan ajang seleksi.

"Atlet berkuda yang bakal dikirim untuk SEA Games dan Asian Games sudah ada, sehingga kompetisi ini bukan lagi ajang seleksi. Namun ini akan berguna untuk mengasah kemampuan mereka," kata Prasetiono saat gelar jumpa pers di FX Senayan, Selasa (18/11/2013).

Prasetiono menambahkan, The Gading Open 2013 akan dinilai oleh juri internasional yang berasal dari Thailand dan Korsel untuk disiplin "dressage" (tunggang serasi), dan dari Hongkong untuk displin "show jumping" (lompat rintangan).

The Gading Open 2013 adalah seri keempat yang merupakan final FEI World Cup Jumping SEA League. Sementara seri pertama adalah Cinta Indonesia Open 2013, sedangkan seri dua dan tiga berlangsung di Thailand.

Sementara itu, Presiden Event Larasati Gading, kompetisi ini merupakan gelaran pamungkas olahraga equestrian di Indonesia untuk tahun 2013.

"Ini event terakhir, selain final FEI World Cup Jumping SEA League dan kualifikasi Asian Games 2014, The Gading Open 2013 juga mempertandingkan final kejuaraan nasional untuk disiplin dressage dan show jumping. Namun yang lebih penting adalah sebagai pembinaan," ucap Larasati. (Def)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.