Sukses

Ini Dia Pilihan Pelatih Spanyol di Ballon d'Or 2013

Pelatih timnas punya hak suara dalam memilih pemain dan pelatih terbaik yang pantas merebut Ballon d'Or 2013. Pilihan Vicente del Bosque?

Dari tiga kategori pemilik suara yang berhak memilih pemain dan pelatih terbaik yang pantas merebut penghargaan Ballon d’Or di setiap tahunnya, salah satunya adalah pelatih tim nasional negara-negara yang menjadi anggota FIFA.

Karenanya, arsitek Timnas Spanyol Vicente del Bosque, otomatis mempunyai hak suara. Menarik untuk mengamati siapa pemain dan pelatih timnas atau klub yang dipilih mantan entrenador Real Madrid berusia 62 tahun ini.

Dalam wawancaranya dengan radio Cadena Cope, Del Bosque mengaku memberikan suaranya pada dua anak didiknya di La Furia Roja yang kebetulan sama-sama memperkuat Barcelona, yaitu Xavi Hernandez dan Andres Iniesta. Suara ketiga? Del Bosque tak mau melansir pemain ketiga yang dipilihnya.

“Saya memberikan suara (memilih) dua pemain Spanyol (dalam daftar 23 kandidat pemain). Lalu, yang satu lainnya saya tak akan mengungkapkannya,” ujar Del Bosque berteka-teki. Publik Spanyol tak mau berspekulasi apakah Del Bosque memilih Lionel Messi, Cristiano Ronaldo, atau Franck Ribery, tiga pemain yang digadang-gadang bakal menjadi tiga kandidat utama peraih Ballon d’Or 2013.

Selain memberikan suaranya bagi pemain terbaik, Del Bosque pun berhak memilih pelatih terbaik di luar dirinya sendiri. Lalu, siapa yang dipilih Del Bosque? Mantan pelatih Bayern Muenchen Jupp Heynckes menjadi pilihan utama Del Bosque. “Saya memilih Heynckes, (Rafael) Benitez, dan (Luiz Felipe) Scolari. Alasannya, saya melihat perolehan gelar yang diraih ketiganya, faktor utama dalam pemberian suara,” terangnya.(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.