Sukses

Main Tenang, Hendra/Ahsan ke Perempatfinal Hong Kong Open

Meski kerap tertinggal dalam perolehan poin, Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan tetap bermain tenang untuk mengalahkan pasangan China.

Ganda putra Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan lolos ke perempatfinal Hong Kong Open Superseries 2013. Meski kerap tertinggal dalam perolehan poin, Juara Dunia 2013 ini tetap bermain tenang untuk mengalahkan pasangan China, Kang Jun/Liu Cheng. Hendra/Ahsan menang dua game langsung, 22-20 dan 21-13, dalam pertandingan yang berlangsung di Hong Kong Coliseum, Kamis (21/11/2013) siang WIB.

"Inilah ciri-ciri pemain muda, Kang/Liu mudah dapat poin, mudah juga buang poin. Hendra/Ahsan yang lebih senior dan berpengalaman bisa menguasai keadaan," kata Herry Iman Pierngadi, Kepala Pelatih Ganda Putra PBSI, seperti dilansir Badminton Indonesia.

"Dengan main lebih tenang, penempatan bola Hendra/Ahsan juga bagus, begitu pun kualitas serangan."

"Pada game pertama, Kang/Liu yang memang punya smes keras, dapat lapangan yang menang angin, jadi mereka lebih enak buat menyerang. Pada saat ini, Hendra/Ahsan seharusnya bermain no lob, tapi mereka masih belum in. Di game kedua bisa dilihat sendiri bagaimana mereka kewalahan menghadapi serangan Hendra/Ahsan yang balik menang angin," tambah Herry.

Pertandingan ini banyak menyita perhatian penonton. Kang/Liu sebetulnya sudah unggul 20-19 di game pertama. Namun, Hendra/Ahsan menunjukkan kelasnya dan menghentikan laju perolehan angka lawan dan menang 22-20.

"Kali ini kami lebih siap karena sudah pernah bertemu. Jadi sudah tahu permainan mereka seperti apa. Kondisi angin di lapangan juga membuat beberapa pengembalian saya menyangkut di net karena dorongannya kurang kencang," ucap Hendra.

Di perempatfinal, Hendra/Ahsan masih menanti lawan antara peraih emas Olimpiade London 2012, Cai Yun/Fu Haifeng dari China dan wakil Rusia, Vladimir Ivanov/Ivan Sozonov.

"Tahun lalu di turnamen ini, kami dikalahkan Cai/Fu. Kalau bertemu lagi, kami optimis bisa menang. Walau di pertemuan terakhir kami menang, perlu diingat kalau mereka adalah pemain yang mentalnya kuat dan juga berpengalaman," ujar Ahsan.(Bog)