Sukses

[Full Time] Indonesia U23 Perkasa, Laos Pun Tumbang

Indonesia U23 berhasil memimpin klasemen sementara Turnamen Mini PSSI setelah mengalahkan Laos dengan skor telak 3-0.

Skuat Garuda Muda alias Tim Nasional Indonesia U23 tampil apik saat menjamu Laos U23 di Turnamen Mini PSSI. Tampil di hadapan publik sendiri di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Kamis (21/11/2013) malam WIB, Andik Vermansyah dan kawan-kawan berhasil menumbangkan Laos dengan skor meyakinkan, 3-0.

Dengan hasil ini, Indonesia pun memimpin klasemen sementara dengan tiga poin. Di bawah Indonesia ada Maladewa yang di pertandingan sebelumnya mengalahkan Papua Nugini dengan skor tipis 0-1, 20 November lalu.

Indonesia hampir saja tertinggal satu gol dari Laos pada menit keempat. Laos berhasil mendapat hadiah penalti ketika Egi Melgiansyah menjegal pemain Laos. Untungnya Laos gagal memaksimalkan penalti tersebut. Tendangan keras yang dilakukan pemain Laos jauh melebar ke sisi kanan gawang Kurnia Meiga. Dua menit berselang, Laos kembali mengancam gawang Indonesia melalui peluang Sopha Saysana, untungnya bola masih melebar ke sisi kanan gawang Kurnia Meiga.

Laos yang mencoba memanfaatkan serangan balik kembali mendapat peluang di menit 20. Namun, Kurnia Meiga berhasil menyelamatkan gawang Indonesia dari kebobolan. Kurnia Meiga berhasil menghentikan laju bola dengan sempurna.

30 menit babak pertama berlangsung, Skuat Garuda Muda berhasil mendominasi pergerakan bola. Pemain asuhan Rahmad Darmawan itu terus berusaha membangun serangan. Akan tetapi, serangan yang coba di bangun Andik Vermansyah dan kawan-kawan berhasil dipatahkan Laos.

Laos bukanlah tanpa perlawanan. Laos yang mendapat tekanan dari Indonesia mencoba untuk memanfaatkan serangan balik. Akan tetapi, lini pertahanan Indonesia yang dihuni Alfin Ismail Tuasalamony, Andri Ibo, Diego Michiels, Manahati Lestusen mampu menghalau laju serangan Laos.

Menit 37 Laos kembali mendapat peluang emas. Akan tetapi bola tendangan Phattana Syvilay tepat ke pelukan Kurnia Meiga. Sengdao Inthilath dan Tuasalamony terlibat dalam sebuah keributan kecil di menit 39. Tuasalamony yang dijegal Inthilath tidak terima, untungnya wasit dengan sigap menenangkan kedua pemain.

Empat menit berselang dari insiden itu, Indonesia akhirnya mengecap hasil manis. Setelah terus memberi tekanan kepada Laos, skuat asuhan Rahmad Darmawan itu akhirnya berhasil membobol gawang Laos.

Indonesia mendapat keunggulan pertamanya setelah umpan matang Andik dari sektor kiri pertahanan Laos mampu dikonversi oleh Ramdani Lestaluhu dengan menyontekan bola ke gawang Laos yang dijaga oleh Chintana Souksavath. Keunggulan Indonesia tak mampu dikejar Laos hingga babak pertama usai.

Setelah jeda turun minum, Andik dan kawan-kawan mampu memertahankan dominasinya atas Laos. Sejak menit kedua berlangsung Indonesia langsung memberikan tekanan.

Akan tetapi, memasuki menit 60, Laos mulai tampil agresif. Agresifitas Laos beberapa kali berhasil membahayakan gawang Kurnia Meiga. Untungnya, penyelesaian dari Laos masih jauh dari efektif.

Merasa tertekan, Indonesia pun mencoba untuk mengimbangi permainan Laos. Hasilnya, di menit 74 Indonesia berhasil menambah keunggulannya. Gol kedua berhasil dicetak oleh Andik. Gol Andik kali ini bukan tidak mungkin akan jadi gol terbaik dalam turnamen ini, sebab Andik mencetak golnya lewat tendangan keras terarah dari luar kotak penalti.

Empat menit berselang, Indonesia mampu memperlebar selisih gol menjadi 3-0. Gol penutup dalam pertandingan ini dicetak oleh Tuasalamony yang memanfaatkan kemelut di depan gawang Souksavath.(Gan)

Susunan Pemain:

Indonesia: Kurnia Meiga Hermansyah (C), Alfin Ismail Tuasalamony, Andri Ibo, Diego Michiels, Manahati Lestusen, Egi Melgiansyah, Rizky Pellu, Ramdani Lestaluhu, Ferinando Pahabol, Andik Vermansah Sunarto

Laos: Chintana Souksavath, Khampoumy Hanevilay (C), Ketsada Soukavanh, Sengdao Inthilath, Phoutdavy Phommasane, Phatthana Syvilay, Khonesavanh Sihavong, Chanthaphone Waenvongsoth, Sopha Saysana, Soukaphone Vongchiengkham

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.