Sukses

The Yanks Perpanjang Kontrak Klinsmann

Selain menjadi pelatih Timnas AS sampai musim panas 2018, Jurgen Klinsmann bakal mendapat tugas baru yaitu menjadi Direktur Teknik.

Federasi Sepakbola Amerika Serikat (USSF) dan Jurgen Klinsmann meraih kesepakatan terkait perpanjangan kontrak kerja pelatih asal Jerman tersebut selama empat tahun atau sampai musim panas 2018. Menariknya, dalam deal tersebut, selain menjadi pelatih utama, Klinsmann bakal mendapat tugas baru yaitu sebagai Direktur Teknik The Yanks.

“Peran Direktur Teknik merupakan tantangan yang berat namun juga merupakan kesempatan yang besar. Kami akan terus memperhatikan tim yunior, edukasi pelatihan, perkembangan akademi dan akar rumput sepakbola di negeri ini. Saya sangat bergairah bekerja di sini bersama orang-orang yang bertalenta dan selalu segar dengan ide-ide baru,” ujar Klinsmann.

Meneken kontrak kali pertama sebagai pelatih timnas pada 29 Juli 2011 menggantikan Bob Bradley, awalnya rapor Klinsmann memerah. Namun, perlahan tapi pasti, Klinsmann mampu membangkitkan penampilan Tim Howard dkk dan akhirnya berhasil meraih tiket melaju ke putaran final Piala Dunia (PD) 2014 di Brasil.

Gemilangnya kinerja mantan striker Timnas Jerman dan Tottenham Hotspur yang kini berusia 49 tahun itulah yang membuat AS memutuskan memperpanjang kontrak kerjanya. “Salah satu alasan kami mendaulat Jurgen (Klinsmann) sebagai pelatih timnas adalah keberhasilannya mengangkat prestasi tim yang lebih maju. Dalam dua tahun ia mampu membangun fondasi tim senior yang kuat dengan berbasis para pemain muda. Kami ingin melanjutkan kesuksesan tersebut,” puji Sunil Gulati, Presiden USSF.(*)