Sukses

KOI Dukung Timnas Sepakbola Tampil di Ajang Asian Games

KOI akan membantu PSSI agar bisa mengirim Timnas sepakbola ke ajang Asian Games 2014.

Ketua Umum Komite Olimpiade Indonesia (KOI), Rita Subowo sudah mendapat persetujuan dari pihak Olympic Council Asia (OCA) terkait keikutsertaan Timnas sepakbola Indonesia di ajang Asian Games 2014.

Timnas sepakbola yang awalnya diragukan untuk ambil bagian, kini berpeluang besar bisa ikut di turnamen olahraga terakbar di kawasan Asia tersebut.

Saat menghadiri pertemuan dengan para pengurus OCA di Manila, Filipina, 17-18 Januari lalu, Rita mengusahakan agar Timnas sepakbola bisa ikut di ajang Asian Games ke-17. Saat itu, ia berbicara secara langsung dengan Sheikh Ahmad Fahad Al Sabah (Presiden OCA) dan Husain Al-Mysallam (Direktur Olahraga OCA).

"Kedua tokoh OCA itu setuju saja agar tim nasional sepakbola Indonesia tampil di Asian Games ke-17, di Incheon, Korea. Soalnya, sepakbola di Asian Games tidak melalui kualifikasi. Hanya saja Al Sabah dan Husain mengingatkan agar tim nasional Indonesia benar-benar siap," jelas Rita.

Sebelumnya, Satuan Pelaksana Tugas Program Indonesia Emas (Satlak Prima) yang mengurus keikutsertaan Indonesia di ajang Asian Games belum memberi kepastian soal nasib Timnas sepakbola. Mereka ingin melihat terlebih dulu hasil yang didapat Timnas sepakbola di beberepa laga uji coba.

"Untuk sepakbola, kami akan melihat perkembangannya selama masa persiapan dan uji coba. Bila progresnya bagus, tentu akan dirikim. Asian Games bukan latihan. Ini event kehormatan martabat bangsa," kata Ketua Umum Satlak Prima, Suwarno di Gedung KONI, Selasa 21 Januari lalu.

KOI memang tidak bisa memberikan garansi untuk rencana pemberangkatan ini. Namun Rita beserta jajarannya berjanji akan memperjuangkan Timnas sepakbola agar bisa ambil bagian di Asian Games.

"PSSI harus menanyakan lagi pada pemerintah dan Satlak Prima. Sebab mereka bakal melakukan pembinaan dan persiapan untuk semua cabang olah raga. Saya tak bisa memberikan garansi. Tapi kami akan terus memperjuangkannya," tutup Rita. (Van)

Baca Juga:
Pemain Barcelona Berubah Menjadi Zombie
Fans Madrid: Rooney Jelek Mirip Shrek
Istri Eks Pemain Real Madrid Pamer Payudara
Kisah Tiga Pemain Indonesia yang Merumput di Negeri Jiran
Milan Terhenti di Perempat Final Coppa Italia


* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini