Sukses

Lima Kiper Muda ISL dalam Pantauan Pelatih Timnas U-23

Andritany Ardhiyasa dan Shahar Ginanjar menjadi beberapa nama yang mungkin akan diseleksi.

Ada lima kiper muda yang saat ini sedang dibidik tim pelatih timnas U-23 untuk mengisi posisi kiper yang akan tampil di Asian Games XVII di Incheon Korea Selatan 18 September-4 Oktober 2014. Hal ini diakui sendiri oleh pelatih kiper Benny van Breukelen.

"Dari pengamatan pribadi, setidaknya ada lima nama kiper muda potensial di ISL," katanya ketika dihubungi wartawan, Rabu (5/2/2014).Meski tak menyebut nama, lima kiper muda ini yaitu Andritany Ardhiyasa (Persija), Shahar Ginanjar (Persib), Teguh Amiruddin (Perseru Serui), yogi Triana (Persita Tangerang) dan Aji Saka (PSS Sleman) kemungkinan besar ikut seleksi.

Mencari posisi penjaga gawang Timnas U-23 saat ini tak semudah yang dibayangkan. Soalnya tidak banyak klub ISL atau Divisi Utama yang memberikan kepercayaan kepada kiper muda untuk mengisi posisi utama di klub.

Timnas U-23 sendiri dipastikan tidak bisa lagi menggunakan Kurnia Meiga. Pada 7 Mei 2014 nanti, Meiga sudah berusia 24 tahun atau melewati batas  usia yang bisa tampil di Asian Games nanti. Benny dipercaya karena pernah memoles Meiga sehingga seperti sekarang.

Skuad Timnas U-23 yang akan tampil di Asian Games XVII di Incheon, Korea Selatan, 18 September-4 Oktober 2014, belum terbentuk.“Di level usia 23 ke bawah, tak banyak kiper yang tampil regular sebagai kiper utama klub di ISL. Ini tantangan mencari kiper terbaik untuk Timnas U-23,” terangnya.

Benny bahkan mengakui bila posisi kiper utama di Indonesia, cenderung di dominasi oleh pemain yang sudah berpengalaman dan berusia diatas 25 tahun.“Kiper di Indonesia, banyak yang berusia di atas 25 tahun. Bisa dihitung jari, pemain yang usianya di bawah 23 tahun,” tukasnya. (Def)

Baca Juga:
Di Maria Cemerlang, Madrid Bantai Atletico
Mantan Bintang Brasil Belanja Sehat Demi Profesi Barunya
Bintang Barca Tak Berniat Merumput di Inggris
MU Bakal Cuci Gudang di Akhir Musim
Kelemahan Timnas U-19 di Mata Indra Sjafri

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini