Sukses

KOI Belum Tahu Alokasi Dana untuk Asian Games 2014

"Jadi Pertanyaan mengenai dana belum terjawab. Tapi secepatnya, akan segera terjawab," kata Rita Soebowo

Ketua Olimpiade Indonesia (KOI), Rita Soebowo belum bersedia bicara  terkait dana yang bakal dikucurkan untuk memberangkatkan kontingen Indonesia Asian Games 2014 ke Incheon, Korea Selatan pada September-Oktober mendatang.

Indonesia berencana mengirimkan 19 cabor ke Asian Games 2014. Namun tujuh bulan sebelum keberangkatan, KOI belum memastikan dana untuk kontingen Asian Games.

Rita mengatakan, sampai saat ini harus merumuskan dana dengan Satuan Pelaksana Program Indonesia Emas (Satlak Prima) dan Kementrian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora).

"Kami juga perlu waktu, untuk duduk bersama dengan semua pihak. Karena rumusan KOI belum tentu sama dengan yang lain. Selain itu kadang menpora juga mempunyai rumusan tersendiri. Nanti disitu barulah kami akan berargumen dengan pihak tersebut untuk menentukan jumlah anggaran," ujar Rita di Gedung FX, Senayan

Keterbatasan dana dari Pemerintah membuat KOI tidak bisa leluasa menyusun anggaran untuk mengirim Kontingen ke cabang Asian Games. Pemerintah melalui Kemenpora sebelumnya telah mengalokasikan dana sebesar Rp 250 miliar untuk enam multievent terdekat, termasuk Asian Games.

"Jadi pertanyaan mengenai dana belum terjawab. Tapi secepatnya, akan segera terjawab," sambung mantan Ketua PB Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia itu (PBVSI) itu.

Selain itu Rita juga menjelaskan, KOI juga harus menghitung pembangian dana ke-19 cabor yang dipersiapkan untuk Asian Games dengan cermat. KOI berharap dana yang dikucurkan nantinya tepat guna bagi cabor untuk menggelar beragam persiapan seperti pemusatan latihan dan uji coba jelang Asian Games.

"Setiap cabang olahraga dan tiap atlet punya proyeksi tersendiri mengenai raihan medali. Jadi sebisa mungkin atlet yang berkompetisi dalam ajang tersebut dapat berkontribusi dengan baik, sehingga dana yang akan dikucurkan nanti memang tepat sasaran." (Rej)

Baca juga:

Hasil Lengkap Pertandingan Sepakbola Tadi Malam
Ini Penyebab Pelatih Barcelona Diusir Wasit
5 Pemain Bergaji Tertinggi, Persib Optimistis Lolos dari Sanksi
Osasuna Bantai Atletico Madrid
Arti Kemenangan Milan di Mata Seedorf

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini