Sukses

Cek Fakta: Tidak Benar RSCM Pasang Bendera Polandia

Bendera itu terpasang terbalik karena seorang petugas RSCM mengantuk setelah bertugas di malam hari.

Liputan6.com, Jakarta - Tim Cek Fakta Liputan6.com menemukan unggahan yang membahas soal RSCM memasang bendera Polandia. Akun yang mengunggah itu adalah Diantonius Darwis.

Begini narasi yang dibuatnya soal bendera Polandia di RSCM:

"Kok bendera polandia dipasang di rs ini yaaa??"

Postingan tersebut diunggah pada Selasa, 18 Agustus 2020. Warganet pun meresponsnya dengan memberikan 11 komentar dan 16 like.

Lalu, benarkah foto tersebut bendera Polandia yang terpasang di RSCM?

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Tim Cek Fakta Liputan6.com mencoba menelusuri kebenaran foto tersebut. Tim memasukkan foto unggahan Diantonius Darwis ke mesin pencari, Google Image.

 

Hasilnya, diketahui kalau foto itu memang benar terjadi, tapi tidak di tahun 2020, melainkan lima tahun lalu. Tim juga menemukan artikel berjudul: "Ini Alasan Kenapa Bendera Merah Putih di RSCM Terbalik". Artikel itu dimuat di Liputan6.com pada 24 November 2015.

Dalam artikel tersebut, pembuat berita di Liputan6.com bertanya kepada seorang petugas RSCM yang tidak disebutkan namanya. Bendera Indonesia yang terbalik itu disebabkan oleh petugas yang biasanya menaikan bendera yang berinisial AZ, mengantuk dan tak melihat posisi itu. Saat itu hanya AZ sendiri, padahal biasanya ia ditemani rekannya.

"Jadi pagi itu memang sudah dijadwalkan menaikkan bendera. Nah, AZ itu mengantuk karena berjaga dari malam. Mungkin karena tidak melihat, jadinya terbalik tanpa disadarinya. Kan biasanya berdua enggak sendiri," ucap salah satu petugas RSCM yang tak mau disebutkan namanya itu kepada Liputan6.com, Selasa (24/11/2015) malam.

Atas perbuatan tersebut, AZ pun telah dihukum oleh pihak RSCM, langsung saat ramai insiden pemasangan bendera terbalik menjadi perbincangan di dunia maya.

"Iya gara-gara ramai. Terus dia dipanggil sama direksi. Akhirnya AZ pun dihukum. Yang saya dengar enggak sampai dikeluarkan kok," jelas dia tanpa menjelaskan apa hukuman bagi AZ.

 

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Informasi yang menyebut RSCM memasang bendera Polandia adalah salah. Foto itu memang terjadi, tapi di tahun 2015. Bendera itu terpasang terbalik karena seorang petugas RSCM mengantuk setelah bertugas di malam hari.

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.