Sukses

Cek Fakta: Tidak Benar Dalam Foto Ini Penduduk Satu Kota di China Mati Akibat Covid-19

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim foto penduduk satu kota di China mati akibat Covid-19

Liputan6.com, Jakarta- Cek Fakta Liputan6.com mendapati foto yang diklaim penampakan penduduk satu kota di China mati akibat virus Corona baru (Covid-19).

Klaim foto penduduk satu kota di China mati akibat Covid-19 tersebut diunggah akun Facebook Allu Arjun, pada 20 September 2020.

Foto tersebut menampilkan sejumlah orang sedang tergeletak di jalanan di antara bangunan.

Foto tersebut diberi keterangan sebagai berikut:

"Masih ingatkah anda Foto di CHINA. 1kota mati semua, karna AZAB ALLAH, bukan krn cor0n4 tp

krn AZAB ALLAH. krn mereka dengan bangga menyiksa ISLAM di uyghur & memakan makanan yg dilarang oleh ALLAH."

Benarkah dalam foto tersebut penduduk satu kota di China mati akibat Covid-19? Simak penelusuran Cek Fakta Liputan6.com.

 

**Ingat #PesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com sebelumnya pernah menelusuri kebenaran foto yang sama dengan klaim foto jasaz korban virus corona berserakan di Wuhan.

Untuk menelusuri klaim foto penduduk satu kota di China mati akibat Covid-19 tersebut, Cek Fakta Liputan6.com menggunakan Google Image.

 

Penelusuran klaim foto penduduk satu kota di China mati akibat Covid-19

Penelusuran mengarah pada sejumlah situs, salah satunya dimuat situs berita Voice of America (VOA) voanews.com pada 25 Maret 2014.

 

penelusuran klaim foto penduduk satu kota di China mati akibat Covid-19

Situs voanews.com memberikan keterangan pada foto,  orang-orang yang berbaring di zona pedestrian adalah bagian dari sebuah proyek seni untuk memperingati 528 korban kamp konsentrasi Nazi 'Katzbach' di Frankfurt pada 24 Maret 2014.

Penelusuran juga mengarah pada situs pictures.reuters.com, situs tersebut juga memuat foto yang identik dengan klaim, pada 24 Maret 2014 hasil bidikan Kai Pfaffenbach.

 

 

penelusuran klaim foto penduduk satu kota di China mati akibat Covid-19

Situs pictures.reuters.com menyebutkan keterangan foto tersebut:

"Orang-orang berbaring di zona pejalan kaki sebagai bagian dari proyek seni untuk mengenang 528 korban kamp konsentrasi Nazi Katzbach, di Frankfurt, 24 Maret 2014. Para penghuni kamp konsentrasi Katzbach, bagian dari bekas pabrik industri Adler , dipaksa melakukan mars kematian ke kamp konsentrasi Buchenwald dan Dachau pada tanggal 24 Maret 1945. Sekitar 528 korban Katzbach dimakamkan di pemakaman pusat Frankfurt." 

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Klaim foto penduduk satu kota di China mati akibat Covid-19 tidak benar.

Foto tersebut bagian dari proyek seni untuk mengenang 528 korban kamp konsentrasi Nazi Katzbach, di Frankfurt, 24 Maret 2014. Foto tersebut diambil sebelum Covid-19 muncul.

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Video Terkini