Sukses

Ragam Hoaks Bagi-Bagi Uang Catut Nama Artis Indonesia: Raffi Ahmad hingga Sule

Nama-nama artis Indonesia sering kali menjadi sasaran pelaku hoaks atau informasi palsu, salah satunya Raffi Ahmada dan sang istri Nagita Slavina.

Liputan6.com, Jakarta - Nama-nama artis Indonesia sering kali menjadi sasaran pelaku hoaks atau informasi palsu. Terlebih, bila artis tersebut sering memberikan giveaway di channel YouTube mereka, seperti Raffi Ahmad dan istrinya, Nagita Slavina.

Sepanjang tahun 2020, ada banyak hoaks yang mencatut nama artis top di Indonesia. Berikut ini, Cek Fakta Liputan6.com merangkum beberapa hoaks yang mencatatu nama artis Indonesia.

1. Hoaks Bagi-Bagi Hadiah Mencatut Raffi Ahmad dan Nagita Slavina

Konten bagi-bagi hadiah uang tunai kerap bermunculan di media sosial. Tak jarang konten tersebut mencatut nama pesohor. Satu di antaranya artis Raffi Ahmad dan Nagita Slavina.

Akun Facebook Rafii & Nagitaa menyebarkan konten bagi-bagi hadiah berupa uang tunai hingga Rp 100 juta. Akun Facebook Rafii & Nagitaa mengunggah video berdurasi 7 jam 59 menit yang berisi bagi-bagi hadiah dari Nagita Slavina.

Konten bagi-bagi hadiah yang mencatut nama Raffi Ahmad dan Nagita Slavina yang diunggah akun Facebook Rafii & Nagitaa ternyata tidak benar.

Video yang diunggah akun Facebook Rafii & Nagitaa merupakan video lama. Raffi Ahmad dan Nagita Slavina juga tidak pernah membagikan hadiah cara meminta warganet mengisi kolom komentar dengan huruf "P". Konten yang diunggah akun Facebook Rafii & Nagitaa masuk kategori hoaks atau palsu.

Baca selengkapnya di sini.

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

2. Hoaks Pelawak Sule Adakan Kuis Berhadiah Rp 100 Juta di Facebook

Pada bulan lalu, Cek Fakta Liputan6.com menemukan sebuah postingan yang sedang viral. Disebutkan kalau pelawak Sule bagi-bagi uang sebagai bentuk rasa syukur setelah meminang Nathalie Holscher, beberapa waktu lalu.

Akun Facebook atas nama Sulee Quizz adalah yang mengunggah klaim ini. Disebutkan kalau Sule bakal membagikan sejumlah uang dengan total Rp 100 juta.

Dalam unggahannya itu, pemilik akun Sulee Quizz juga mengunggah foto yang diklaim sebagai bukti transfer kepada pemenang, dengan hadiah Rp 20 juta.

Klaim yang menyebut Sule membuat kuis berhadiah ratusan juta rupiah adalah informasi yang hoaks karena tidak ada faktanya. Sule telah mengonfirmasi, dia tidak mengadakan kuis melalui Facebook.

Baca selengkapnya di sini.

 

3 dari 5 halaman

3. Hoaks Bagi-Bagi Hadiah Mencatut Nama Baim Wong di Facebook

Klaim tentang artis sekaligus YouTuber Baim Wong membagikan hadiah lewat Grup Facebook bernama BAIM WONG GIVEAWAY beredar di media sosial. Grup Facebook BAIM WONG GIVEAWAY memuat beberapa unggahan yang mengklaim membagikan hadian sejumlah uang dengan syarat tertentu.

Misalnya saja, warganet diminta mengisi kolom komentar dengan menuliskan huruf "P" sebanyak puluhan kali untuk mendapatkan hadiah uang.

Selain itu, beberapa akun lainnya di grup Facebook BAIM WONG GIVEAWAY meminta warganet untuk mengikuti akun Facebook tertentu agar bisa mendapatkan sejumlah uang.

Klaim tentang artis sekaligus YouTuber Baim Wong membagikan hadiah lewat Grup Facebook bernama BAIM WONG GIVEAWAY ternyata tidak benar alias hoaks. Baim tidak pernah membagikan hadiah lewat grup Facebook apalagi dengan cara meminta warganet mengisi kolom komentar dengan huruf "P".

Grup Facebook BAIM WONG GIVEAWAY diduga merupakan modus penipuan dengan iming-iming berbagi hadiah dan mencatut nama Baim Wong.

Baca selengkapnya di sini.

 

4 dari 5 halaman

4. Klaim Artis Soimah Bagi-bagi Uang Puluhan Juta Rupiah di Facebook

Beredar di media sosial postingan yang mencatut nama penyanyi, Soimah. Dalam postingan, Soimah disebut membagikan hadiah atau giveaway senilai puluhan juta rupiah.

Salah satu yang mengunggahnya di Facebook adalah akun bernama Mamafadly Tuch Nurjanati. Dia mengunggahnya pada 29 Agustus 2020 lalu.

Postingan yang menyebut Soimah bagi-bagi uang puluhan juta rupiah di Facebook dengan mengklik sebuah tautan adalah tidak benar.

Baca selengkapnya di sini.

 

5 dari 5 halaman

Tentang Cek Fakta

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.