Sukses

Ragam Hoaks soal Herbal Sembuhkan Virus Corona Covid-19: Kopi hingga Seng Dicampur Air Tonik

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) belum mengumumkan sebuah obat yang mampu menyembuhkan virus corona covid-19.

Liputan6.com, Jakarta - Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) belum mengumumkan sebuah obat yang mampu menyembuhkan virus corona covid-19. Namun, di media sosial, ada banyak informasi palsu alias hoaks yang diklaim sebagai obat herbal sembuhkan covid-19.

Cek Fakta Liputan6.com merangkum beberapa informasi hoaks soal herbal yang diklaim bisa menyembuhkan virus corona covid-19.

1. Klaim Kopi Bisa Cegah dan Sembuhkan Covid-19

Beredar di media sosial postingan yang berisi klaim soal kopi yang bisa mencegah virus corona covid-19. Postingan tersebut ramai dibagikan sejak akhir pekan kemarin.

Salah satu akun yang mengunggahnya adalah @kolaboraa. Akun tersebut mempostingnya pada Jumat (4/12/2020).

Postingan yang mengklaim kopi bisa mencegah dan menyembuhkan covid-19 adalah tidak benar. Faktanya hingga saat ini belum ada obat maupun vaksin untuk virus corona covid-19.

Baca selengkapnya di sini.

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

2. Klaim Mengonsumsi Makanan dengan Asam Tinggi Bisa Sembuhkan Virus Corona Covid-19

Beredar klaim melalui aplikasi pecakapan pesan WhatsApp bahwa mengonsumsi makanan yang indikator tingkat keasaman (Ph) tinggi dapat menyembuhkan virus corona Covid-19. Selain itu, pesan menyebutkan enam gejala COVID-19. Pesan tersebut beredar pada Rabu 25 November 2020.

Klaim mengonsumsi makanan dengan tingkat keasaman (Ph) tinggi dapat menyembuhkan virus corona Covid-19 ternyata tidak benar. Faktanya, ahli virus Dr Shaheed Jameel mengatakan, virus tidak memiliki nilai pH.

Sedangkan Konsultan Senior Dr Suranjit Chatterjee dari Internal Medicine di Indraprastha Apollo Hospital menambahkan, tidak ada bukti untuk mengklaim bahwa konsumsi makanan alkali dapat menjadi obat untuk mengalahkan COVID-19.

Konten yang mengklaim mengonsumsi makanan dengan tingkat keasaman (Ph) tinggi dapat menyembuhkan virus corona Covid-19 masuk kategori palsu.

Baca selengkapnya di sini.

 

3 dari 5 halaman

3. Klaim Seng Dicampur Air Tonik dan Kina Sembuhkan Covid-19

Beredar informasi tentang zat yang dipercaya mampu mencegah penularan virus corona covid-19. Zat yang dimaksud bisa mengalahkan covid-19 adalah seng dan zinc yang dicampur dengan kina serta air tonik.

Adalah akun Facebook atas nama Nick Savoca yang mengunggah menuman yang memiliki zinc dan seng mampu mencegah penularan covid-19.

Klaim yang menyebut seng dan zinc yang dicampur dengan kina serta air tonik bisa menyembuhkan pasien virus corona covid-19 adalah salah karena tidak ada penelitian yang membahas itu.

Faktanya, seng bila dicampurkan ke air tonik dan kina bisa menyebabkan keracunan kepada orang yang terpapar virus corona covid-19.

Baca selengkapnya di sini.

 

4 dari 5 halaman

4. Klaim Minum Air Rebusan Daun Mimba Bisa Menangkal Virus Corona

Cek Fakta Liputan6.com menemukan postingan membahas salah satu obat herbal yang dipercaya bisa menangkal virus corona dengan cara dimandikan dan diminum. Obat herbal itu disebut daun mimba.

Adalah akun Facebook atas nama Badrani Wijaya yang menyebut daum mimba bisa menangkal virus corona.

Informasi yang menyebut minum air rebusan daun mimba bisa menangkal virus corona adalah salah. Faktanya, para ahli medis dan WHO tidak merekomendasikan pengobatan sendiri dengan obat apapun, termasuk antibiotik, sebagai pencegahan atau pengobatan covid-19.

Baca selengkapnya di sini.

 

5 dari 5 halaman

Tentang Cek Fakta

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.