Sukses

Cek Fakta: Benarkah Minyak Kayu Putih Bisa Cerahkan Miss V dan Membuat Mr P Tahan Lama?

Ada klaim tentang minyak kayu putih yang dipercaya bisa mencerahkan area Miss V atau alat kelamin wanita dan membuat Mr P menjadi tahan lama saat ereksi.

Liputan6.com, Jakarta - Cek Fakta Liputan6.com menemukan klaim tentang minyak kayu putih yang dipercaya bisa mencerahkan area Miss V atau alat kelamin wanita. Selain itu, minyak kayu putih juga diklaim bisa membuat kelamin pria menjadi tahan lama saat ereksi.

Akun Facebook yang menggunakan nama Hayisah Zahro menyebut minyak kayu putih punya banyak manfaat, yakni mencerahkan ketiak hitam hingga Miss V atau alat kelami wanita. Klaim itu dipostingnya pada 16 November 2020.

Begini narasinya:

"Yuukk bunda sy bagi informasi yg lain..bunda punya keluhan ketiak hitam.. Di pusar bunda jg hitam bahkan di area miss V jg hitam.. Tenang bund.. Coba aja pake minyak kayu putih di bahasi di kapas.. Dan sapukan di daerh yg hitam.. Untuk hasil yg maximal ulangi setiap kali bunda ada wktu.. Sekali coba psti lgsg ada hasil nya..tp klo di area miss V ada rasa gmn gitu ya bund😂😂😂🙏🙏🙏 Tp klo sdh biassa hasil nya memuaskan,, slmt mencoba".

Sementara di akun lain, Suami Istri, mengunggah video yang menebut minyak kayu putih bisa membuat Mr P menjadi tahan lama saat ereksi. Akun itu membuat tips memperbesar alat vital pria dengan cara mengoleskan minyak kayu putih ke sebuah timun.

Begini narasi untuk video tersebut:

"Cukup Dengan Minyak Kayu Putih Kamu Bisa Tahan Lama".

Sejak berada di media sosial, klaim tersebut sudah mendapat 1,2 ribu komentar dan 38 ribu respons dari warga Facebook lainnya.

Lalu, benarkah minyak kayu putih memiliki manfaat seperti yang diklaim?

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Untuk membuktikan klaim tersebut, Cek Fakta Liputan6.com menghubungi dr Ivony Moesa SpKK yang merupakan dokter spesialis penyakit kulit dan kelamin. Disebutkan oleh dr Ivony Moesa, klaim minyak putih bisa mencerahkan Miss V tidak benar.

"Itu minyak kan panas, terus bikin iritasi. Pada akhirnya kulit akan mengelupas karena proses radang. Memang akan terlihat lebih cerah warnanya (Miss V), tapi hanya sesaat dan bakal gelap lagi," ujarnya saat dihubungi Cek Fakta Liputan6.com, Jumat (11/12/2020).

Lebih lanjut, dr Ivony Moesa memaparkan beberapa penyebab warna Miss V menjadi hitam. Dia menyebut hal ini terjadi karena hormonal setiap wanita.

"Miss V yang menghitam biasanya karena hormonal, misalnya setelah kehamilan atau saat haid di hari pertama, tiap orang berbeda-beda. Haid penyebabnya dari dalam, kalau diputihkan bisa terjadi peningkatan hormon lagi," kata dr Ivony Moesa menegaskan.

Kemudian, dr Ivony Moesa juga meluruskan klaim yang menyebut minyak kayu putih bisa membuat Mr P menjadi tahan lama saat ereksi.

"Semua yang panas-panas bisa bikin pelebaran pembuluh darah atau disebut vasodilatasi. Penis ereksi isinya darah yang terjebak di sana. Dipijat bisa membantu memperlancar peredarah darah saja."

"Namun, untuk tahan lama, saya tidak bisa menjamin. Kebanyakan ejakulasi dini terjadi karena faktor psikologis dibanding faktor fisiknya," ucapnya menjelaskan.

Terakhir, dr Ivony Moesa juga pernah menjelaskan soal minyak kayu putih yang bisa mencerahkan ketiak hitam. Baca artikelnya di tautan ini.

 

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Klaim yang menyebut minyak kayu putih bisa mencerahkan Miss V dan membuat Mr P menjadi tahan lama saat ereksi adalah salah. Sebab, minyak kayu putih bisa menimbulkan iritasi bila diolehkan ke alat vital manusia.

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.