Sukses

Kumpulan Informasi Khasiat Minyak Kayu Putih, Hoaks atau Fakta?

Cek Fakta Liputan6.com telah menelusuri sejumlah informasi manfaat minyak kayu putih

Liputan6.com, Jakarta- Minyak kayu putih merupakan salah satu obat herbal yang mudah dijangkau dan digunakan masyarakat Indonesia, khasiat penggunaan minyak kayu putih pun beragam.

Informasi seputar manfaat minyak kayu putih berdar di dunia nyata dan maya. Namun, tidak semua infromasi tersebut bisa dipercaya, kita harus memastikan kebernarannya terlebih dahulu agar tidak dirugikan karena mempercayai informasi yang salah.

[Cek Fakta Liputan6.com](https://www.liputan6.com/tag/covid-19 "") pun telah menelusuri sejumlah informasi manfaat minyak kayu putih, berikut daftarnya:

1. Minyak Kayu Putih Bisa Cerahkan Miss V dan Membuat Mr P Tahan Lama

Cek Fakta Liputan6.com menemukan klaim tentang minyak kayu putih yang dipercaya bisa mencerahkan area Miss V atau alat kelamin wanita. Selain itu, minyak kayu putih juga diklaim bisa membuat kelamin pria menjadi tahan lama saat ereksi.

Akun Facebook yang menggunakan nama Hayisah Zahro menyebut minyak kayu putih punya banyak manfaat, yakni mencerahkan ketiak hitam hingga Miss V atau alat kelami wanita. Klaim itu dipostingnya pada 16 November 2020.

Begini narasinya:

"Yuukk bunda sy bagi informasi yg lain..bunda punya keluhan ketiak hitam.. Di pusar bunda jg hitam bahkan di area miss V jg hitam.. Tenang bund.. Coba aja pake minyak kayu putih di bahasi di kapas.. Dan sapukan di daerh yg hitam.. Untuk hasil yg maximal ulangi setiap kali bunda ada wktu.. Sekali coba psti lgsg ada hasil nya..tp klo di area miss V ada rasa gmn gitu ya bund😂😂😂🙏🙏🙏 Tp klo sdh biassa hasil nya memuaskan,, slmt mencoba".

Hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com, Klaim yang menyebut minyak kayu putih bisa mencerahkan Miss V dan membuat Mr P menjadi tahan lama saat ereksi adalah salah. Sebab, minyak kayu putih bisa menimbulkan iritasi bila diolehkan ke alat vital manusia.

 

2. Minyak Kayu Putih Melancarkan Napas Pasien Covid-19

 Cek Fakta Liputan6.com mendapati klaim meminum minyak kayu putih bisa melancarkan napas pasien Covid-19.

Klaim meminum minyak kayu putih bisa melancarkan napas pasien Covid-19 diunggah akun Twitter @Simplemiska, pada 2 Desember 2020.

Berikut unggahan tersebut:

"Buat kluargakuTETAP WASPADA YAHTmn positif covid..kluar lendir dr hidung smp bercampur darah..nafas sesak…stlh minum minyak kayu putih..baru berasa enakan jalan nafasnya…INGAT!! COVID itu ada yah…bukan ANTARA ADA DAN TIADA"

Benarkah meminum minyak kayu putih bisa melancarkan napass pasien Covid-19?.

Hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com, klaim meminum minyak kayu putih bisa melancarkan napas pasien Covid-19 tidak terbukti secara ilmiah.

Memimum minyak kayu putih dengan kadar tinggi justru akan berakibat iritasi selaput lendir. 

 

3. Gurah Minyak Kayu Putih Bisa Tangkal dan Sembuhkan Covid-19

Beredar di media sosial Facebook dan aplikasi percakapan video cara mengobati dan mencegah covid-19. Video itu ramai dibagikan sejak tengah pekan ini.

Salah satu akun yang mengunggahnya di Facebook adalah akun Almuzzammil Yusuf. Dia mengunggahnya pada Kamis (10/9/2020).

Sejauh ini video tersebut sudah ditonton lebih dari tiga ribu kali dan dibagikan sebanyak 108 kali dan mendapat delapan komentar.

Dalam postingan video tersebut disertai dengan narasi "Terapi Gurah "Covid" dengan Minyak Kayu Putih".

Video berdurasi 3 menit 41 detik itu menunjukkan cara mencegah dan mengobati covid-19. Caranya dengan mengoleskan kayu putih pada tisu lalu dimasukkan hidung.

Cara itu diklaim ampuh untuk mengeluarkan virus corona covid-19. Selain itu cara tersebut juga diklaim bisa mencegah virus corona covid- 19 asal dilakukan dua kali sehari waktu siang dan malam hari.

Lalu benarkah klaim dalam video tersebut yang mengatakan gurah minyak kayu putih bisa menyembuhkan dan mencegah covid-19?

Hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com, klaim yang menyebut gurah minyak kayu putih bisa bisa menyembuhkan dan mencegah covid-19 adalah tidak benar. Belum ada uji klinis pada minyak kayu putih bisa menyembuhkan atau menangkal virus corona covid-19.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.