Sukses

Cek Fakta: Informasi Pendaftaran Subsidi Pulsa 200 Ribu dan Kuota 95 GB dari Kemendikbud Ini Tidak Benar

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri informasi tautan pendaftaran subsidi pulsa 200 ribu dan kuota 95 GB dari Kemendikbud

Liputan6.com, Jakarta - Cek Fakta Liputan6.com mendapati informasi tautan pendaftaran subsidi pulsa 200 ribu dan kuota 95 GB dari Kemendikbud, informasi tersebut tersebar lewat jejaring sosial WhatsApp.

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri informasi tautan pendafratan subsidi pulsa 200 ribu dan kuota 95 GB dari Kemendikbud

Informasi tautan pendaftaran subsidi pulsa 200 ribu dan kuota 95 GB dari Kemendikbud yang beredar tersebut berupa tauan yang terdapat keterangan sebagai berikut:

"KEMENDIKBUD

Program kuota belajar pulsa 200RB dan kuota 95GB untuk dosen, guru, siswa, mahasiswa selama pembelajaran jarak jauh periode bulan maret-april!"

Bernarkah informasi tautan pendaftaran subsidi pulsa 200 ribu dan kuota 95 GB dari Kemendikbud? Simak penelusuran Cek Fakta Liputan6.com.

 

Simak Video Pilihan Berikut Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri informasi tautan pendaftaran subsidi pulsa 200 ribu dan kuota 95 GB dari Kemendikbud, dengan menghubungi pihak Kemendikbud.

Plt Kepala Pusat Data dan Informasi (Pusdatin) Kemendikbud Hasan Chabibie menyatakan,  informasi tautan pendafratan subsidi pulsa 200 ribu dan kuota 95 GB dari Kemendikbud hoaks.

"Itu hoaks," kata Hasan, saat berbincang dengan Liputan6.com.

Menurut Hasan informasi tautan pendaftaran subsidi pulsa 200 ribu dan kuota 95 GB dari Kemendikbud tersebut bukan program resmi Kemendikbud.

"Bukan program Kemendikbud," tegasnya.

Sebelumnya Hasan mengungkapkan, informasi subsidi kuota internet bagi siswa, mahasiswa, guru dan dosen hanya pada situs kuota-belajar.kemdikbud.go.id.

"Informasi resmi hanya ada di kuota-belajar.kemdikbud.go.id," ujarnya.

Artikel berjudul "Nadiem Makarim Kembali Berikan Subsidi Kuota Internet Hingga Mei 2021" yang dimuat situs liputan6.com, pada 1 Maret 2021 menyebutkan, besaran kuota yang diperoleh adalah sebagai berikut:

1. Siswa Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) besaran kuota 7 gigabyte per bulan.

2. Siswa SD/SMP/SMA besaran kuota 10 gigabyte per bulan.

3. Guru PAUD/SD/SMP/SMA besaran kuota 12 gigabyte per bulan.

4. Mahasiswa/Dosen besaran kuota 15 gigabyte per bulan.

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com informasi tautan pendaftaran subsidi pulsa 200 ribu dan kuota 95 GB dari Kemendikbud tidak benar.

Pihak Kemendikbud menyatakan tautan pendafratan subsidi pulsa 200 ribu dan kuota 95 GB dari Kemendikbud hoaks, informasi subsidi kuota internet bagi siswa, mahasiswa, guru dan dosen hanya pada situs kuota-belajar.kemdikbud.go.id.

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.