Sukses

Pelajar AS Ambil Bagian Melawan Disinformasi Vaksinasi Covid-19

Misi utama terbentuknya COVID Campus Coalition’s adalah untuk menghilangkan kesalahpahaman terkait vaksinasi Covid-19 .

Liputan6.com, Jakarta Para mahasiswa Amerika Serikat (AS) tidak tinggal diam melihat banyaknya disinformasi terkait Covid-19, khususnya vaksinasi, bertebaran di media sosial (medsos). Mereka pun berikhtiar membentuk COVID Campus Coalition’s untuk melawan disinformasi melalui medsos.

Misi utama terbentuknya COVID Campus Coalition’s adalah untuk menghilangkan kesalahpahaman terkait vaksinasi Covid-19 menggunakan platform website dan medsos.

“Jika kita lihat pada kolom komentar postingan-postingan Instagram tentang vaksin masih terdapat orang-orang yang masih mengungkapkan mitos dan konspirasi tentang virus tersebut,” kata James Lifton, anggota COVID Campus Coalition’s, mahasiswa semester dua ilmu politik Edinburgh, Scotland seperti dikutip VOA, Senin (9/8/2021).

Website serta media sosial tersebut menyajikan informasi akurat penelitian ilmiah yang mudah dimengerti oleh mahasiswa secara daring dan tatap muka. Informasi tersebut didapat melalui Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit di Atlanta, serta beberapa jurnal ilmiah resmi.

Hingga kini, telah tersebar sebanyak 23 cabang COVID Campus Coalition’s yang telah tersebar di seluruh AS. Ada pihak yang menawarkan sumber informasi ilmiah mulai dari WHO, The John Hopkins Coronavirus Resource Center, dan The Davidson College COVID-19 yang melakukan pengecekan fakta dan disinformasi Covid-19.

“Saya berharap melalui proyek ini dapat mendorong lebih banyak anak muda untuk melakukan vaksinasi, mulai dari berbagi informasi terkait manfaat vaksinasi bagi anak muda,” James menambahkan.

(MG/ Azarine Jovita Halim)

Sumber: https://www.voanews.com/student-union/students-across-us-take-covid-disinformation

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 2 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi partner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.