Sukses

Simak Hoaks Seputar Sirkuit Mandalika dan Monas

Berikut kumpulan hoaks seputar Sirkuit Mandalika dan Mona

Liputan6.com, Jakarta- Hoaks seputar Sirkuit Mandalika dan Monas beredar di media sosial, informasi yang disajikan pun dapat mengecoh penerima pesan untuk mempercayainya.

Cek Fakta Liputan6.com telah menelusuri sejumlah informasi seputar Sirkuit Mandalika dan Monas, hasilnya sebagikan informasi tersebut tidak benar.

Berikut kumpulan hoaks seputar Sirkuit Mandalika dan Monas:

1. Valentino Rossi Komentari Kasus Pembongkaran Motor Tim Ducati di Sirkuit Mandalika

Beredar di media sosial postingan terkait Valentino Rossi yang mengomentari kasus pembongkaran motor tim Ducati di Sirkuit Mandalika. Postingan ini ramai dibagikan sejak beberapa waktu lalu.

Salah satu akun yang mempostingnya berada di Facebook. Akun itu mengunggahnya pada 11 November 2021.

Dalam postingannya terdapat cuplikan layar berita dengan judul "Menanggapi Unboxing Ilegal Motor Team Dukati, Valentino Rossi: Di Indonesia Dana Bansos Aja Dicolong"

Selain itu postingan tersebut juga disertai narasi "Sampe Rossi aja tau, pemerintahannya dinegeri wakwaw koruptor dilindungi... ya gitu deh.. Sekroni maling Bansos"

Lalu benarkah postingan yang menyebut Valentino Rossi mengomentari kasus pembongkaran motor tim Ducati di Sirkuit Mandalika? Simak hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com berikut ini.

 

2. Foto Sirkuit Mandalika Siap Digunakan Tahun 2021

Beredar foto di Facebook terkait Sirkuit Mandalika yang sedang dibangun di NTB untuk penyelenggaraan MotoGP. Foto-foto tersebut banyak dibagikan sejak pekan lalu.

Salah satu akun yang membagikannya adalah Dadho-Rendy. Dia mempostingnya pada 29 Juli 2020.

Postingan tersebut telah mendapat satu komentar dan dua kali dibagikan. Berikut narasi yang disertakan dalam foto yang diunggah akun tersebut:

"Insya Allah 2021 Sirkuit Mandalika NTB sudah Bisa Di Gunakan....Bikin Para Pembalap Motto GP seakan Balapan Di Jalan Raya KEREN"

Benarkah foto di postingan tersebut merupakan Sirkuit Mandalika untuk penyelenggaraan MotoGP? Simak hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com berikut ini.

 

3. Video Anies Test Drive Sirkuit Monas

Cek Fakta Liputan6.com mendapati klaim video Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sedang test drive Sirkuit Monas. Klaim tersebut berupa video yang diunggah salah satu aku Facebook, pada 13 November 2021.

Klaim video Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sedang test drive Sirkuit Monas yang diunggah menampilkan Anies Baswedan sedang mengendari motor besar kemudian terjatuh.

Pada video terdapat tulisan "Anies Juga ga Kalah Tes Drive Sirkuit Monas"

Unggah tersebut diberi keterangan sebagai berikut:

"Got Father Ga Mau Kalah dengan Presiden Joko Widodo !! Pasang aksi Berlaga Prof Naek Moge‼️🤡🤡 Boro Boro bisa finish Jajal Lintasan Tempat Suci Kaumya disepanjang jalan bundaran Monas!! Satu Kali Gass!! GASS POOL Rem Blong Auto Tepar🤡🤡⁉️‼️Ne orang mau ngapain aja ga pernah bawa berkah kalau ga bikin masalah ya bawa musibah✍🏻‼️🤡"

Benarkah klaim video Anies Baswedan sedang test drive Sirkuit Monas? Simak hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com berikut ini.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 2 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi patner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.