Sukses

Cek Fakta: Tidak Benar Tak Ada Stasiun Tv yang Memberitakan Genangan Air Sirkuit Mandalika

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim tidak ada stasiun tv yang memberitakan kondisi genangan air Sirkuit MandalikaCek

Liputan6.com, Jakarta- Cek Fakta Liputan6.com mendapati klaim tidak ada stasiun tv yang memberitakan kondisi genangan air Sirkuit Mandalika. Klaim tersebut diunggah salah satu akun Facebook, pada 22 November 2021.

Unggahan klaim tidak ada stasiun tv yang memberitakan kondisi genangan air Sirkuit Mandalika berupa video yang menampilkan deretan tenda puting dan terlihat genangan air.

Dalam video tersebut terdapat tulisan "proyek cebong terkini

gk masuk berita tv"

Video tersebut diberi keterangan sebagai berikut:

"Proyek terbaru sirkuit MANDALIKAcocoknya dibuat tanam padi,ternak kodok biar banyak kecebongnya....."

Benarkah tidak ada stasiun tv yang memberitakan kondisi genangan air Sirkuit Mandalika? Simak penelusuran Cek Fakta Liputan6.com.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim tidak ada stasiun tv yang memberitakan kondisi genangan air Sirkuit Mandalika menggunakan Google Search dengan kata kunci 'genangan air Sirkuit Mandalika'. 

Penelusuran mengarah pada artikel berjudul "Hujan Deras Akibatkan Area Sekitar Sirkuit Mandalika Tergenang Air" yang dimuat situs kompas.tv 20 November 2021.

Artikel situs kompas.tv memuat tayangan video siaran berita Kompas Malam.

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim tidak ada stasiun tv yang memberitakan kondisi genangan air Sirkuit Mandalika

Video tersebut diberi keterangan sebagai berikut:

KOMPAS.TV - Cuaca ekstrem mengganggu jalannya race pertama seri terakhir World Superbike 2021 di Sirkuit Mandalika, Lombok hari Sabtu. Race pertama superbike hari ini akhirnya dibatalkan dan ditunda besok.

Hujan turun menjelang dimulainya race pertama World Superbike  di Sirkuit Mandalika, Lombok hari Sabtu.

Padahal, semua pebalap satu persatu sudah melakukan putaran awal, dimana pebalap memasuki lintasan menuju barisan start untuk melakukan start race pertama.

Karena hujan deras tak kunjung reda, pembalap dan semua kru tim akhirnya kembali ke garasi tim masing-masing.

Balapan mustahil digelar dalam kondisi ini karena jarak pandang pebalap sangat terbatas akibat hujan begitu deras. 

Tak hanya jalannya race pertama superbike yang terganggu akibat hujan. Aktivitas di area sekitar Sirkuit Mandalika juga terganggu.

Sejumlah tenda UMKM yang berada di area parkir sirkuit, tak bisa menggelar dagangannya, karena muncul genangan akibat hujan.

 

 

Sumber:

https://www.kompas.tv/article/234011/hujan-deras-akibatkan-area-sekitar-sirkuit-mandalika-tergenang-air

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com, klaim tidak ada stasiun tv yang memberitakan kondisi genangan air Sirkuit Mandalika tidak benar.

Ada stasiun tv yang memberitakan area sekitar sirkuit tergenang air.

 

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi patner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.