Sukses

Pemkot Kediri Sebut Pers Punya Peran Tangkal Hoaks Selama Pandemi COVID-19

Selain menangkal hoaks, pers juga berperan menjadi jembatan informasi dari pemerintah ke masyarakat.

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah Kota Kediri, Jawa Timur, mengajak, para jurnalis untuk terus mengedukasi masyarakat selama pandemi COVID-19.

Menurut Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Kediri, Apip Permana, jurnalis punya peran penting dengan menghadirkan berita faktual dan terpercaya guna menangkal hoaks COVID-19.

"Kita wajib memerangi berita hoaks, karena hal ini sangat membahayakan terutama untuk masyarakat. Dengan menghadirkan berita yang faktual dan terpercaya dapat menggerus eksistensi berita hoaks ini," kata Apip dilansir dari Antara, Kamis (10/2/2022).

Selain menangkal hoaks, pers juga  berperan menjadi jembatan informasi dari pemerintah ke masyarakat. Sehingga pesan yang ingin disampaikan bisa diterima positif.

"Media turut membantu menyajikan informasi yang mengedukasi masyarakat tentang bagaimana cara memutus mata rantai COVID-19. Karena kami melihat, media adalah salah satu ujung tombak informasi bagi masyarakat," kata Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Kediri Apip Permana di Kediri, Rabu.

Dengan peran aktif media ini, lanjut dia, diharapkan pandemi COVID-19 dapat segera teratasi dan kesadaran masyarakat tentang pentingnya protokol kesehatan dapat terbentuk dengan baik melalui informasi yang disajikan.

"Terlebih di tengah situasi PPKM Level tiga di Kota Kediri saya harap informasi-informasi terkait hal tersebut seperti apa yang telah dikatakan oleh Wali Kota Kediri dapat diterima dengan baik oleh masyarakat, salah satunya melalui peran dari pers ini," ujar dia.

 

*** Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 2 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi patner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.