Sukses

Hoaks Kenaikan Biaya Transaksi Internet Banking Modus Penipuan, BCA Ingatkan Nasabah Waspada

BCA bantah keluarkan pengumuman kenaikan biaya transaksi menggunakan BCA Mobile jadi Rp 150 ribu

Liputan6.com, Jakarta- PT Bank Central Asia TBK atau BCA mengimbau nasabah waspada terhadap informasi kenaikan biaya transaksi menggunakan internet banking atau BCA mobile. Pasalnya, kabar tersebut merupakan modus penipuan yang dapat mengurasi isi rekening.

Executive Vice President Secretariat & Corporate Communication BCA, Hera F. Haryn. menyatakan, pengumuman kenaikan biaya transaksi menggunakan BCA mobile jadi Rp 150 ribu tidak benar.

"BCA tidak pernah mengeluarkan surat pengumuman tersebut," kata Hera dalam keterangan tertulis, Jumat (16/9/2022).

Menurut Hera, pengumuman pembaruan biaya transaksi BCA Mobile dan internet banking dapat dipastikan informasi tersebut adalah aksi penipuan.

"BCA senantiasa menghimbau nasabah setia untuk selalu berhati-hati terhadap oknum yang mengatasnamakan BCA," ujarnya.

Hera pun menyampaikan apabila nasabah mendapatkan surat atau informasi yang mencurigakan dan mengatasnamakan BCA, nasabah dapat menghubungi kantor cabang setempat atau melalui Halo BCA1500888, WA Halo BCA 0811 1500 998, twitter @halobca atau webchat www.bca.co.id

 

2 dari 3 halaman

Modus Penipuan Hoaks BCA Naikkan Tarif Transaksi Jadi Rp 150 ribu

Dalam surat tersebut, nasabah sengaja diarahkan untuk melakukan KONFIRMASI dengan cara meng-klik link phishing yang diberikan, dan kemudian diminta mengisi nomor HP, nomor kartu ATM, PIN, kode OTP dll.

Ketika selesai mengisi data-data pribadi perbankan tersebut, kemudian nasabah diminta mengklik tarif yang dipilih: Tarif baru Rp 150 ribu atau Tarif lama Rp 6.500. Sesaat kemudian, si pelaku berhasil mengakses akun rekening milik nasabah tersebut dan menguras uangnya.

BCA pun mengingatkan nomor resmi WhatsApp Bank BCA itu adalah Bank BCA 0811 1500 998 ada centang hijaunya. Jika bukan nomor tersebut, maka berarti itu nomor palsu.

"Jadi hati-hati ya, apabila mendapatkan surat yang mencurigakan dan mengatasnamakan BCA, kamu dapat menghubungi kantor cabang setempat atau melalui HaloBCA 1500888. Kamu juga dapat menghubungi contact center shoppingmode Halo BCA melalui WA shoppingmode Halo BCA 0811 1500 998, twitter @halobca atau webchat www.bca.co.id. Jaga selalu kerahasiaan data-data pribadimu, dan jangan pernah terjerat oleh bujuk rayu penipu," tutupnya.

3 dari 3 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi patner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

Â