Sukses

Cek Fakta: Hoaks Kabar Try Sutrisno Meninggal Dunia pada 21 Desember 2022

Beredar kabar hoaks tentang Wakil Presiden ke-6 Try Sutrisno meninggal dunia.

Liputan6.com, Jakarta - Kabar tentang Wakil Presiden ke-6 Try Sutrisno meninggal dunia beredar di media sosial. Kabar tersebut disebarkan salah satu akun Facebook pada 21 Desember 2022.

Akun Facebook tersebut mengunggah narasi bahwa Try Sutrisno meninggal dunia. Berikut narasinya.

"_Innalillahi wa inna illaihi rojiuun_ _Turut berdukacita atas meninggalnya Bpk Jend. TNI (Purn) H. Try Sutrisno (Mantan Wapres)._ _Dengan iringan do'a. Allahumaghfirlahu warhamhu wa'afihi wafuanhu_ _Semoga diampuni segala dosa dan khilafnya, diterima semua amal ibadahnya, dilapangkan kuburnya dan ditempatkan di tempat terbaik disisi Allah SWT_ _Kpd keluarga yg ditinggalkan semoga diberikan kesabaran dan keikhlasan dlm menerima musibah ini._ _Aamiin Allohumma Aamiin

🤲🤲🤲🤲😭😭😭," tulis salah satu akun Facebook.

Konten yang disebarkan akun Facebook tersebut telah beberapa kali direspons dan mendapat 17 komentar dari warganet.

Benarkah Try Sutrisno meninggal dunia pada 21 Desember 2022? Berikut penelusurannya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri kabar Try Sutrisno meninggal dunia pada 21 Desember 2022. Penelusuran dilakukan dengan memasukkan kata kunci "try sutrisno meninggal dunia" di kolom pencarian Google Search.

Hasilnya terdapat beberapa artikel yang membantah kabar tersebut. Satu di antaranya artikel berjudul "Kabar Wafat Hoax, Begini Kondisi Terkini Try Sutrisno di RSPAD" yang dimuat situs detik.com pada 21 Desember 2022.

Jakarta - Kabar Wakil Presiden ke-6 RI Try Sutrisno meninggal dunia dipastikan hoax atau tidak benar. Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto, Jakarta Pusat, pun mengungkap kondisi Try Sutrisno saat ini.Kepala RSPAD Gatot Soebroto Letjen TNI dr Albertus Budi Sulistya mengatakan saat ini Try Sutrisno dalam kondisi sehat. Budi juga menepis kabar wafatnya mantan Panglima ABRI itu.

"Beliau saat ini sehat," kata Budi kepada detikcom, Rabu (21/12/2022)

Budi mengungkapkan, kondisi kesehatan Try Sutrisno saat ini sudah membaik. "Betul, sudah semakin membaik," ungkap dia.

Sebelumnya, pesan berantai yang mengabarkan Wakil Presiden ke-6 RI Try Sutrisno meninggal dunia beredar di aplikasi perpesanan. Mantan Sekjen Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI) Verry Surya Hendrawan menegaskan bahwa kabar wafatnya Try Sutrisno tidak benar atau hoax.

"Berita hoax yang beredar tentang Pak Try Sutrisno, TIDAK BENAR," kata Verry Surya Hendrawan kepada wartawan, Rabu (21/12/2022).

Verry mengaku saat ini tengah berada di RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta Pusat, menjenguk salah satu pendiri PKPI itu. Dia datang menjenguk bersama Staf Khusus Presiden yang juga mantan Ketum PKPI, Diaz Hendropriyono.

"Saya saat ini mendampingi Pak Diaz Hendropriyono di RSPAD, menjenguk Pak Try Sutrisno," ujar kandidat doktor IPB University Bidang Teknik Industri Pertanian itu.

 

Referensi:

https://news.detik.com/berita/d-6473710/kabar-wafat-hoax-begini-kondisi-terkini-try-sutrisno-di-rspad

 

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Kabar Try Sutrisno meninggal dunia pada 21 Desember 2022 ternyata tidak benar alias hoaks. Faktanya, tidak ada informasi valid yang mendukung klaim tersebut.

 

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi patner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.