Sukses

Daftar Hoaks Terkini Publik Figur Meninggal, dari Mantan Pejabat sampai Penyanyi

Simak kumpulan hoaks seputar publik figur meninggal dunia.

Liputan6.com, Jakarta - Hoaks seputar publik figur meninggal dunia kerap bermunculan di tengah masyarakat, hal ini tentu dapat merugikan pihak yang dijadikan bahan kabar palsu tersebut.

Cek Fakta Liputan6.com pun telah menelusuri sejumlah informasi seputar publik figur meninggal dunia, dari mantan pejabat hingga penyanyi. Hasilnya sebagian terbukti hoaks.

Simak kumpulan hoaks seputar publik figur meninggal dunia.

Penyanyi Dangdut Rita Sugiarto Meninggal Dunia pada 16 Desember 2022

Kabar tentang penyanyi dangdut Rita Sugiarto meninggal dunia beredar di media sosial. Kabar tersebut disebarkan salah satu channel YouTube pada 16 Desember 2022.

Channel YouTube tersebut mengunggah video berjudul "Innalillahi, Panggung Dangdut Kembali Berduka Rita Sugiarto Telah Berpulang ke Rahmatullah".

Thumbnail dari video itu menampilkan foto Rita Sugiarto yang disandingkan dengan foto sebuah makam.

"Innalillahi, Panggung Dangdut Kembali Berduka Rita Sugiarto Telah Berpulang ke Rahmatullah," tulis channel YouTube tersebut.

Konten yang disebarkan channel YouTube tersebut telah 768 kali ditonton dan mendapat beberapa respons dari warganet.

Benarkah penyanyi dangdut Rita Sugiarto meninggal dunia pada 16 Desember 2022? Simak hasil penelusurannya di sini.

 

2 dari 4 halaman

Try Sutrisno Meninggal Dunia pada 21 Desember 2022

Kabar tentang Wakil Presiden ke-6 Try Sutrisno meninggal dunia beredar di media sosial. Kabar tersebut disebarkan salah satu akun Facebook pada 21 Desember 2022.

Akun Facebook tersebut mengunggah narasi bahwa Try Sutrisno meninggal dunia. Berikut narasinya.

"_Innalillahi wa inna illaihi rojiuun_ _Turut berdukacita atas meninggalnya Bpk Jend. TNI (Purn) H. Try Sutrisno (Mantan Wapres)._ _Dengan iringan do'a. Allahumaghfirlahu warhamhu wa'afihi wafuanhu_ _Semoga diampuni segala dosa dan khilafnya, diterima semua amal ibadahnya, dilapangkan kuburnya dan ditempatkan di tempat terbaik disisi Allah SWT_ _Kpd keluarga yg ditinggalkan semoga diberikan kesabaran dan keikhlasan dlm menerima musibah ini._ _Aamiin Allohumma Aamiin

🤲🤲🤲🤲😭😭😭," tulis salah satu akun Facebook.

Konten yang disebarkan akun Facebook tersebut telah beberapa kali direspons dan mendapat 17 komentar dari warganet.

Benarkah Try Sutrisno meninggal dunia pada 21 Desember 2022? Simak hasil penelusurannya di sini.

 

3 dari 4 halaman

Celine Dion Meninggal Dunia pada 12 Desember 2022

Kabar tentang penyanyi Celine Dion meninggal dunia beredar di media sosial. Kabar tersebut disebarkan salah satu akun Facebook pada 12 Desember 2022.

Akun Facebook tersebut mengunggah gambar tangkapan layar dari video YouTube berjudul "5 Minutes Ago/Celine Dion Died Last Night At Her Home/RIP Celine Dion".

"Berita duka baru diterima Messenger artis penyanyi terkenal Hollywood telah. Meninggal dunia CELINE dion. ...," tulis salah satu akun Facebook.

Konten yang disebarkan akun Facebook tersebut telah 14 kali dibagikan dan mendapat 11 komentar dari warganet.

Benarkah kabar penyanyi Celine Dion meninggal dunia pada 12 Desember 2022? Simak hasil penelusurannya di sini.

 

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi patner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.