Sukses

Kumpulan Hoaks Seputar Perisitiwa Ledakan, dari Gempa Turki sampai Kilang

Dari hasil penelusuran ditemukan fakta sejumlah hoaks terkait peristiwa ledakan

Liputan6.com, Jakarta- Hoaks seputar peristiwa ledakan kerap muncul di media sosial dengan beragam kemasan, informasi bohong ini tentu dapat menyesatkan.

Cek Fakta Liputan6.com pun telah menelusuri sejumlah informasi seputar perisitiwa ledakan, dari kilang sampai pembangkit nuklir saat gempa turki.

Dari hasil penelusuran tersebut ditemukan fakta sejumlah hoaks terkait peristiwa ledakan, berikut kumpulan hoaksnya.

Video Ledakan Pembangkit Nuklir saat Gempa Turki

Cek Fakta Liputan6.com mendapati klaim video pembangkit nuklir meledak saat gempa Turki 2023. Klaim tersebut diunggah salah satu akun Facebook, pada 7 Februari 2023.

Unggahan klaim video pembangkit nuklir meledak saat gempa Turki 2023 menampilkan sebuah bangunan meledak mengeluarkan api dan diiringi dengan kepulan asap. Kemudian dilanjutkan dengan tayangan kobaran api saat malam hari di antara bangunan bertingkat.

Video tersebut diberi keterangan sebagai berikut.

"Turkey nuclear plant blast earthquake time #earthquake2023 #turkey #earthquake #NewsUpdate"

Benarkah klaim video pembangkit nuklir meledak saat gempa Turki 2023? Simak hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com dalam halaman berikut ini...

 

2 dari 4 halaman

Ledakan di Kilang Minyak Balongan Akibat Serangan Teroris

Klaim tentang ledakan di kilang minyak Balongan, Indramayu, Jawa Barat akibat serangan teroris beredar di media sosial. Klaim tersebut disebarkan akun Facebook Andi Permata pada 29 Maret 2021.

Akun Facebook Andi Permata mengunggah sebuah narasi berisi klaim ledakan di kilang minyak Balongan, Indramayu, Jawa Barat akibat serangan teroris.

"Ledakan bom di gereja dengan ledakang kilang minyak di Balongan adalah serangan teroris..." tulis akun Facebook Andi Permata.

Konten yang disebarkan akun Facebook Andi Permata telah 6 kali direspons dan mendapat 3 komentar warganet.

Benarkah ledakan di kilang minyak Balongan, Indramayu, Jawa Barat akibat serangan teroris? Berikut penelusurannya.

Hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com, klaim tentang ledakan di kilang minyak Balongan, Indramayu, Jawa Barat akibat serangan teroris ternyata tidak benar.

Faktanya, dugaan sementara ledakan dan kebakaran di kilang minyak Balongan disebabkan kebocoran pipa. Sementara PT Pertamina masih menginvestigasi peristiwa tersebut di sini. 

 

3 dari 4 halaman

Ada Kawah Besar Akibat Ledakan di Beirut Lebanon

Ribuan foto yang menggambarkan kawah besar tercipta setelah ledakan di Beirut, Lebanon, awal Agustus ini, ramai dibicarakan oleh warga Facebook. Digambarkan kalau kawah tersebut berada di jantung kota Beirut.

Melalui pencarian di Crowd Tangle pada Jumat (14/8/2020), Tim Cek Fakta Liputan6.com menemukan ada dua akun yang mengunggah foto kawah besar di Beirut, Lebanon, yakni Cyan TV dan Janiel Carpentero Revilleza Sanggayan.

Dalam kicauannya, Cyan TV membuat narasi sebagai berikut:

"Kawah besar setelah ledakan di Beirut, Lebanon.

Lebih dari 100 orang tewas plus 3.000 orang luka-luka".

Lalu, benarkah ada kawah besar tercipta setelah adanya ledakan di Beirut, Lebanon? Simak hasil penelusurannya di sini...

 

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi partner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.