Sukses

6 Hoaks Sepekan, dari Ida Dayak sampai Piala Dunia U-20

Berikut kumpulan hoaks terkini yang beredar dalam sepekan

Liputan6.com, Jakarta Peredaran hoaks di media sosial dan aplikasi percakapan semakin beragam, kondisi dapat menyesatkan masyarakat yang mempercayainya.

Agar tidak menjadi korban hoaks sebaiknya kita lebih jeli sebelum mempercayai informasi, yaitu dengan memastikan kebenarannya terlebih dahulu.

Berikut kumpulan hoaks terkini yang beredar dalam sepekan.

1. Surat Pemanggilan Seleksi Calon Karyawan PGN Minta Biaya Akomodasi

Cek Fakta Liputan6.com mendapati klaim surat panggilan seleksi calon karyawan PT Perusahaan Gas Negara (PGN) dengan meminta biaya akomodasi, informasi tersebut disebar lewat email.

Surat tersebut terdiri dari lima lembar, pada lembar pertama berisi informasi tentang pengumuman untuk penerima surat jika telah lolos untuk mengikuti seleksi rekerutmen karyawan, pada Senin 10 April 2022 sampai Selasa 11 April 2023, di Kantor PGN, Jalan KH Zainul Arifik No. 20 Jakarta 11140 Indonesia.

Dalam lembar berikutnya terdapat daftar nama peserta seleksi calon karyawan PGN dan informasi untuk mengikuti seleksi, salah satunya ada permintaan penanggungan biaya akomodasi selama mengikuti tes, nantinya uang tersebut dikembalikan setelah mengikuti seleksi.

Peserta diarahkan untuk menghubungi pihak travel yang telah ditunjuk dalam surat pemanggilan seleksi calon karyawan PGN tersebut.

Benarkah surat panggilan seleksi calon karyawan PGN meminta biaya akomodasi? Simak penelusuran Cek Fakta Liputan6.com dalam halaman berikut ini...

 

2. Raja Arab Saudi Berikan Hadiah Pedang Emas pada Ida Dayak

Beredar di media sosial postingan video yang mengklaim Raja Arab Saudi memberikan hadiah pedang emas kepada Ida Dayak. Postingan ini beredar sejak beberapa waktu lalu.

Salah satu akun ada yang mengunggahnya di Facebook. Akun itu mempostingnya pada 4 April 2023.

Dalam postingannya terdapat video berjudul "Ibu Ida Dayak dapat hadiah pedang emas dari raja arab". Video berdurasi 6 menit 32 detik mengklaim Ida Dayak menerima hadiah itu pada Kamis, 30 Maret 2023.

Narator dalam video mengklaim informasi itu dilansir dari media kenamaan Arab Saudi, Saudi Gazette.

Lalu benarkah postingan video yang mengklaim Raja Arab Saudi memberikan hadiah pedang emas kepada Ida Dayak? Simak hasil penelusurannya di sini...

 

3. Foto Kilang Pertamina Dumai Meledak

 

Penelusuran klaim foto kilang Pertamina Dumai meledak

Cek Fakta Liputan6.com mendapati klaim foto kilang Pertamina Dumai meledak, informasi tersebut diunggah salah satunya diunggah salah satu akun Facebook, pada 2 April 2023.

Klaim foto kilang Pertamina Dumai meledak menampilkan kobaran api dan kepulan asap ke udara, di dekat api tersebut terlihat sejumlah benda berbentuk tabung di antara bintik cahaya.

Foto tersebut diberi keterangan sebagai berikut.

"Kilang pertamina dumai meledak"

Benarkah klaim foto kilang Pertamina Dumai meledak? Simak hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com di sini...

2 dari 3 halaman

Hoaks Berikutnya

4. Klaim Foto RS Pelni Jakarta Penuh Pasien Covid-19

Beredar di aplikasi percakapan pesan berantai yang mengklaim RS Pelni Jakarta penuh dengan pasien covid-19. Pesan berantai itu beredar sejak tengah pekan ini.

Dalam pesan berantai yang banyak beredar di Whatsapp tersebut terdapat gambar sejumlah orang menggunakan masker sedang terbaring di ranjang RS. Pesan berantai itu disertai narasi:

"Rmh sakit pelni jkt saat ini penuh pasien covid"

Lalu benarkah pesan berantai yang mengklaim RS Pelni Jakarta penuh dengan pasien covid-19? Simak dalam artikel berikut ini...

 

5. Kartu Pemilih Pemilu 2024

Tangkapan layar klaim penampakan kartu pemilih Pemilu 2024

 

Cek Fakta Liputan6.com mendapati klaim penampakan kartu pemilih Pemilu 2024, kabar tersebut beredar di tengah masyarakat lewat berbagai saluran komunikasi digital.

Klaim penampakan kartu pemilih Pemilu 2024 berupa tangkapan layar sebuah kartu digital yang terdapat logo KPU di pojok kanan atas dan terdapat tulisan "KARTU PEMILIH".

Kartu tersebut berisi identitas, seperti nama, jenis kelamin, alamat dan nomor TPS.

Benarkah klaim penampakan kartu pemilih Pemilu 2024? Simak hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com.

 

6. Cristiano Ronaldo Dukung Indonesia Tolak Israel di Piala Dunia U-20

Beredar di media sosial postingan video yang mengklaim Cristiano Ronaldo mendukung Indonesia untuk menolak Israel berlaga di Piala Dunia U-20. Postingan itu beredar sejak tengah pekan ini.

Salah satu akun ada yang mempostingnya di Facebook. Akun itu mengunggahnya pada 4 April 2023.

Dalam unggahannya terdapat video berjudul "BELA JOKOWI MATI-MATIAN !!! CRISTIANO RONALDO LAKUKAN INI PADA FIFA ..."

Video itu mengklaim Ronaldo membela Indonesia dengan menyampaikan pernyataan sebagai berikut:

"Saya sangat kagum penolakan Indonesia terhadap Israel. Saya pikir Indonesia berhak mendapatkan Piala Dunia U-20 bukan Israel."

Lalu benarkah postingan video yang mengklaim Cristiano Ronaldo mendukung Indonesia untuk menolak Israel berlaga di Piala Dunia U-20? Simak hasil penelusurannya di sini...

3 dari 3 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi partner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

Video Terkini