Sukses

Kumpulan Hoaks Seputar Ida Dayak, Simak Nih Faktanya

Hoaks seputar Ida Dayak banyak beredar di masyarakat belakangan ini. Hoaks ini disebarkan melalui media sosial maupun aplikasi percakapan.

Liputan6.com, Jakarta - Hoaks seputar Ida Dayak banyak beredar di masyarakat belakangan ini. Hoaks ini disebarkan melalui media sosial maupun aplikasi percakapan.

Lalu apa saja hoaks seputar Ida Dayak? Berikut beberapa di antaranya:

1. Cek Fakta: Hoaks Kabar Ida Dayak Sembuhkan Pangeran Arab Saudi yang 17 Tahun Koma

Kabar tentang Ida Dayak menyembuhkan pangeran Arab Saudi yang 17 tahun koma. Kabar tersebut disebarkan salah satu akun Facebook pada 6 April 2023.

Akun Facebook tersebut mengunggah video berjudul "VIRAL Ida Dayak Sembuhkan Pangeran Arab yang Sudah 17 tahun Koma".

Pada video berdurasi 2 menit 24 detik itu menampilkan foto Ida Dayak yang diklaim tengah menyembuhkan pangeran Arab. Dalam foto itu juga terdapat sosok Raja Arab Saudi, Salman bin Abdulaziz al-Saud dan Presiden Jokowi.

"Usai menyembuhkan pangeran Arab, Raja Salman mengucapkan banyak-banyak terima kasih kepada ibu Ida Dayak. Di luar dugaan pangeran arab sembuh total seketika dengan pengobatan ibu Ida Dayak," demikian sebagian narasi dalam video tersebut.

Video itu kemudian dikaitkan dengan kabar bahwa Ida Dayak telah berhasil menyembuhkan pangeran Arab Saudi yang mengalami koma selama 17 tahun.

"Viral ! ida dayak sembuhkan pangeran arab yang 17 tahun koma," tulis salah satu akun Facebook.

Seperti diketahui, pangeran Arab Saudi yang mengalami koma selama 17 tahun itu adalah Al-Waleed bin Khaled bin Talal. Ia koma selama lebih dari 17 tahun sejak mengalami kecelakaan mobil tahun 2005 silam.

Al-Waleed merupakan keponakan dari Al-waleed bin Talal, yang merupakan salah satu konglomerat Arab. Dengan kondisinya saat ini, ia mendapatkan julukan 'Pangeran Tidur'.

Konten yang disebarkan akun Facebook tersebut telah 21 ribu kali ditonton dan mendapat beberapa respons dari warganet.

Benarkah kabar Ida Dayak telah menyembuhkan Arab Saudi yang 17 tahun koma? Simak dalam artikel berikut ini...

2. Cek Fakta: Hoaks Kabar Ida Dayak Sembuhkan Tukul Arwana dan Diberi Hadiah Mobil Mewah

Kabar tentang Ida Dayak menyembuhkan artis Tukul Arwana dari penyakitnya dan diberikan hadiah mobil mewah beredar di media sosial. Kabar tersebut disebarkan salah satu akun Facebook pada 5 April 2023.

Akun Facebook tersebut mengunggah video berjudul "Berita Terbaru !! Sang Ayah Sembuh Ditangan Bu Ida Dayak, Putra Tukul Beri Mobil Mewah".

Video berdurasi 7 menit 49 detik itu berisi foto-foto kegiatan Ida Dayak yang tengah mengobati pasiennya. Dalam video itu, ada juga foto-foto Tukul Arwana.

"Ega Prayudi dibuat takjub ketika Ida Dayak mengobati sang ayah, karena tidak membutuhkan waktu lama. Tukul Arwana sudah bisa normal sedia kala. Tak heran jika banyak orang yang mencari kehebatan pengobatan gratis yang dilakukan Ida Dayak ini," demikian narasi dalam video tersebut.

Seperti diketahui, Tukul Arwana mengalami pendarahan otak pada September 2021 lalu. Hingga kini, Tukul belum terlihat tampil di layar kaca, sebab masih menjalani terapi dan pengobatan untuk menyembuhkan penyakitnya.

Video tersebut kemudian dikaitkan dengan kabar bahwa Ida Dayak telah menyembuhkan Tukul Arwana dari penyakitnya dan diberi hadiah mobil mewah.

"Sang Ayah Sembuh Ditangan Ibu Ida Dayak, Putra Tukul Beri Mobil Mewah," tulis salah satu akun Facebook.

Konten yang disebarkan akun Facebook tersebut telah 108 ribu kali direspons dan mendapat 8 ribu komentar dari warganet.

Benarkah Ida Dayak menyembuhkan artis Tukul Arwana dari penyakitnya dan diberi hadiah mobil mewah? Simak dalam artikel berikut ini...

3. Cek Fakta: Hoaks Raja Arab Saudi Berikan Hadiah Pedang Emas pada Ida Dayak

Beredar di media sosial postingan video yang mengklaim Raja Arab Saudi memberikan hadiah pedang emas kepada Ida Dayak. Postingan ini beredar sejak beberapa waktu lalu.

Salah satu akun ada yang mengunggahnya di Facebook. Akun itu mempostingnya pada 4 April 2023.

Dalam postingannya terdapat video berjudul "Ibu Ida Dayak dapat hadiah pedang emas dari raja arab". Video berdurasi 6 menit 32 detik mengklaim Ida Dayak menerima hadiah itu pada Kamis, 30 Maret 2023.

Narator dalam video mengklaim informasi itu dilansir dari media kenamaan Arab Saudi, Saudi Gazette.

Lalu benarkah postingan video yang mengklaim Raja Arab Saudi memberikan hadiah pedang emas kepada Ida Dayak? Simak dalam artikel berikut ini...

2 dari 2 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi partner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

Video Terkini