Sukses

Kumpulan Hoaks Seputar Event Olahraga, dari SEA Games hingga Piala Dunia

Hoaks bisa muncul dalam beragam tema tak terkecuali yang terkait dunia olahraga. Hoaks ini menyebar melalui media sosial maupun aplikasi percakapan.

Liputan6.com, Jakarta - Hoaks bisa muncul dalam beragam tema tak terkecuali yang terkait dunia olahraga. Hoaks ini menyebar melalui media sosial maupun aplikasi percakapan.

Lalu apa saja hoaks seputar event olahraga? Berikut beberapa di antaranya:

1. Cek Fakta: Tidak Benar Lifter Putri Indonesia Dipaksa Lepas Hijab Sebelum Bertanding di SEA Games 2023

Beredar di media sosial postingan video yang menyebut atlet angkat besi putri Indonesia dipaksa lepas hijabnya dalam SEA Games 2023. Postingan ini beredar sejak awal pekan lalu.

Salah satu akun ada yang mengunggahnya di Facebook. Dalam postingannya terdapat video berjudul:

"Lifter putri berhijab dari Indonesia raih 3 medali emas di Sea Games 2023. Sebelumnya lifter ini tidak mau tanding klau hijabnya di lepas krn hijabnya tdk menganggunya pada saat angkar barbel. Yg ini wajar diviralkan. raih 3 medali emas".

Akun itu menambahkan narasi:

"Lifter putri berhijab dari Indonesia raih 3 medali emas sea game 2023 dan sebelumnya lifter ini tidak mau tanding kalau hijabnya disuruh lepas karena menurutnya hijabnya TDK mengganggu di saat bertanding dan selanjutnya!!!"

Lalu benarkah postingan video yang menyebut atlet angkat besi putri Indonesia dipaksa lepas hijabnya dalam SEA Games 2023? Simak dalam artikel berikut ini...

2. Cek Fakta: Tidak Benar Timnas Indonesia Lolos Semifinal Piala AFF U-19 Usai Panitia Mengubah Peraturan

Beredar di media sosial pesan berantai yang menyebut Timnas Indonesia akhirnya lolos ke semifinal Piala AFF U-19 setelah panitia mengubah peraturan. Pesan berantai itu muncul sejak awal pekan ini.

Salah satu akun ada yang mengunggahnya di Facebook. Akun itu mempostingnya pada 12 Juli 2022.

Berikut isi postingannya:

"BREAKING: Panitia Piala AFF U-19 mengubah aturan head to head menjadi selisih goal, Timnas Indonesia dipastikan lolos ke babak semifinalKabar gembira bagi para pecinta sepakbola Indonesia, Panitia Piala AFF telah mengubah aturan head to head menjadi selisih gol.

Hal itu dilakukan setelah PSSI menyurati AFC terkait dugaan sepakbola gajah antara Vietnam dan Thailand yang berakhir 1-1 dan dinilai sangat merugikan Timnas Indonesia.

Setelah membaca surat dari PSSI, AFC kemudian dengan tegas menegur panitia Piala AFF U-19 dan meminta menyelediki partai Vietnam vs Thailand. Namun panitia piala AFF U-19 dengan tegas menolak hal tersebut karena memerlukan waktu yang lama untuk melakukan investigasi. Sebagai gantinya, Panitia Piala AFF U-19 mengadakan rapat dadakan yang berlangsung di Malaysia.

Rapat sendiri berlangsung tadi malam dan dimulai dari jam 23.45 waktu Malaysia.

Rapat tersebut difokuskan dalam penentuan head to head atau selisih gol yang dipakai dibabak grup.Rapat yang berlangsung hingga menjelang waktu subuh tersebut akhirnya memutuskan bahwa panitia Piala AFF U-19 mengubah aturan head to head menjadi selisih gol.

Dengan demikian Indonesia berhasil melaju ke semifinal dengan predikat sebagai juara grup, disusul Vietnam yang berpredikat sebagai runner-up.

Di semifinal, Indonesia akan menghadapi runner-up grup B Malaysia.

Pertanyaan, cerita tersebut termasuk kedalam cerita....

A. Fiktif

B. Khayalan

C. Halusinasi

D. Mimpi

Itulah tadi contoh soal ujian Bahasa Indonesia yang bisa dipakai di Sekolah Lanjutan Tingkat Atas (SMA/Sederajat)"

Lalu benarkah pesan berantai yang menyebut timnas Indonesia lolos ke semifinal Piala AFF U-19 setelah panitia mengubah peraturan? Simak dalam artikel berikut ini...

3. Cek Fakta: Tidak Benar Pemain Argentina Bersholawat di Ruang Ganti saat Piala Dunia 2022

Beredar di media sosial postingan video para pemain Argentina bersholawat di ruang ganti usai meraih kemenangan di Piala Dunia 2022. Postingan itu beredar sejak pekan lalu.

Salah satu akun ada yang mengunggahnya di Facebook. Akun itu mempostingnya pada 6 Desember 2022.

Dalam postingannya terdapat video berdurasi 29 detik menggambarkan suasana ruang ganti pemain Argentina. Video itu juga disertai lantunan sholawat yang diklaim berasal dari pemain Argentina.

Video itu disertai narasi "Mental juara bersholawat nih"

Lalu benarkah postingan video para pemain Argentina bersholawat di ruang ganti usai meraih kemenangan di Piala Dunia 2022? Simak dalam artikel berikut ini...

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi partner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.