Sukses

Cek Fakta: Tidak Benar dalam Video Ini Jusuf Hamka bersama Anies Baswedan Menuju RI 1

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim video Jusuf Hamka bersama Anies Baswedan menuju RI 1.

Liputan6.com, Jakarta - Cek Fakta Liputan6.com mendapati klaim video Jusuf Hamka bersama Anies Baswedan menuju RI 1. Informasi tersebut diunggah salah satu akun Facebook, pada 8 Juni 2023.

Unggahan klaim Jusuf Hamka bersama Anies Baswedan menuju RI 1 menampilkan sejumlah orang mengenakan pakaian batik, dalam video tersebut terlihat Anies Baswedan dan Jusuf Hamka dengan berlatar belakang bangunan bergaya oriental.

Dalam video tersebut terdapat tulisan "SELAMAT DATANG

KAWASAN GLODOK

CHINATOWN JAKARTA"

Video tersebut diberi keterangan sebagai berikut.

"Babah Alun (KH. Yusuf Hamka)

Dari seorang tukang semir sepatu dimuliakan Alloh karena kedermawanannya.Raja Tol, Pewaris Kemuliaan Syaidina Utsman bin Affan...

Innshaa Allah setia membersamai pak Anies Baswedan menuju RI 1 2024.

#2024AniesPresiden"

Benarkah klaim video Jusuf Hamka bersama Anies Baswedan menuju RI 1? Simak hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com.

 

 

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim video Jusuf Hamka bersama Anies Baswedan menuju RI 1 dengan menangkap layar video untuk dijadikan bahan penelusuran menggunakan Yandex. 

 

<p>Penelusuran klaim video Jusuf Hamka bersama Anies Baswedan menuju RI 1</p>

Penelusuran mengarah pada sejumlah situs, salah satunya diunggah oleh akun Twitter resmi Liputan6.com @liputan6dotcom, unggahan tersebut berupa artikel berjudul "Resmikan Gapura Chinatown di Glodok Jakbar, Anies Diarak Barongsai" yang dimuat situs Liputan6.com, pada 30 Juni 2022.

 Dalam artikel tersebut terdapat foto yang komposisinya identik dengan klaim video, di antaranya adalah baju batik yang dikenakan Anies dan Jusuf Hamka, orang-orang yang hadir dalam peristiwa tersebut dan suasananya.

 

<p>Penelusuran klaim video Jusuf Hamka bersama Anies Baswedan menuju RI 1</p>

Foto tersebut diberi keterangan sebagai berikut.

"Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meresmikan Gapura China Town Jakarta Kamis, (30/6/2022). (Liputan6.com/Winda Nelfira)".

Sumber:

https://twitter.com/liputan6dotcom/status/1542486391275134977

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com, klaim video Jusuf Hamka bersama Anies Baswedan menuju RI 1 tidak benar.

Peristiwa dakam video tersebut adalah peresmian Gapura China Town Jakarta yang dilakukan Anies Baswedan saat masih menjadi Gubernur DKI Jakarta, pada 30 Juni 2022.

 

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi partner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.