Sukses

Cek Fakta: Tidak Benar Judul Artikel Anies Baswedan Takkan Melanjutkan Semua Program Jokowi Jika Jadi Presiden

Beredar di media sosial postingan judul artikel yang menyebut Anies Baswedan takkan melanjutkan semua program Jokowi jika jadi Presiden.

Liputan6.com, Jakarta - Beredar di media sosial postingan judul artikel yang menyebut Anies Baswedan takkan melanjutkan semua program Jokowi jika jadi Presiden. Postingan itu beredar sejak pekan lalu.

Salah satu akun ada yang mengunggahnya di Facebook. Akun itu mempostingnya pada 15 Juni 2023.

Dalam postingannya terdapat foto artikel dari Fajar.co.id berjudul "Anies Baswedan Tegaskan Tak Akan Lanjutkan Semua Program Jokowi Jika Jadi Presiden'

Akun itu menambahkan narasi "Mungkin rangkaian ceritanya begini..."

Lalu benarkah postingan judul artikel yang menyebut Anies Baswedan takkan melanjutkan semua program Jokowi jika jadi Presiden?

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com melakukan penelusuran dengan mengetik kata kunci "anies baswedan jokowi 12 juni fajar co id" di mesin pencarian Google.

Hasilnya ada satu artikel yang identik dengan postingan. Artikel itu ditulis oleh Adi Mirsan dan diunggah di laman Fajar.co.id pada Senin, 12 Juni 2023 pukul 09.48 am.

Namun dalam artikel asli punya judul berbeda dengan postingan. Artikel asli berjudul "Anies Baswedan Tegaskan Tidak Semua Program Jokowi Akan dilanjutkan Jika Jadi Presiden".

<p>Cek fakta judul artikel Anies Baswedan.</p>

Berikut isi artikel selengkapnya:

"FAJAR.CO.ID, JAKARTA -- Bakal calon Presiden dari Koalisi Perubahan untuk Persatuan, Anies Baswedan menyatakan bahwa tidak semua program yang sudah dijalankan Jokowi akan dilanjutkan jika jadi presiden.

Sebab kata dia, pemilu nanti bukan ajang untuk memberikan garansi meneruskan kinerja pemerintahan periode 2024-2029.

“Kalau ada pemilu, ini bukan soal meneruskan atau tidak meneruskan yang kemarin,” kata Anies saat menghadiri halal bihalal Partai Keadilan Sejahtera (PKS) di GOR Pajajaran, Jl Pemuda, Kota Bogor, Jawa Barat, Minggu (11/6/2023).

Menurutnya, pemilu adalah upaya untuk merebut kekuasaan dengan komitmen memperbaiki atau meluruskan jalan yang jadi tujuan bangsa dan negara.

Sehingga, ketika proyek pembangunan Jokowi selama ini ada yang tidak sesuai dengan tujuan bangsa dan negara, maka tak mungkin dilanjutkan.

“Pemilu adalah melempengkan jalan menuju pada tujuan republik ini, keadilan,” tegasnya.

Persoalan apakah proyek pembangunan pemerintahan saat ini akan dilanjutkan dan diselesaikan atau tidak, ia harap tak perlu ada lagi yang bertanya-tanya, sebab jawabannya akan tetap sama.

Semua proyek pembangunan nasional harus sesuai dengan keinginannya. Sebab jika dia menjadi Presiden, maka dirinya lah yang menjadi ketua regu.

“Jadi tidak usah khawatir, karena memang tujuannya bukan soal nengok 5 tahun terakhir, 10 tahun terakhir, 15 tahun terakhir, bukan,” tandasnya.

“Tujuannya adalah kita setiap 5 tahunan berhenti sejenak, menentukan arah, menentukan siapa yang ditugaskan memimpin regu ini lagi dalam 5 tahun ke depan,” tambah Anies. (Pram/Fajar)"

Sumber:

https://fajar.co.id/2023/06/12/anies-baswedan-tegaskan-tak-akan-lanjutkan-semua-program-jokowi-jika-jadi-presiden/

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Postingan judul artikel yang menyebut Anies Baswedan takkan melanjutkan semua program Jokowi jika jadi Presiden adalah tidak benar. Faktanya judul dalam artikel itu telah diedit.

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi partner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini