Sukses

Cek Fakta: Tidak Benar Dalam Video Ini Panji Gumilang Kaget Jokowi Diam-Diam Datangi Al Zaytun

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim video Panji Gumilang kaget Jokowi diam-diam datangi Al Zaytun.

Liputan6.com, Jakarta - Cek Fakta Liputan6.com mendapati klaim Panji Gumilang kaget Presiden Joko Widodo (Jokowi) diam-diam datangi Al Zaytun di Facebook.

Unggahan tersebut diawali dengan foto pimpinan Pondok Pesantren Al Zaytun Panji Gumilang, Jokowi dan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan yang sedang duduk bersama.

Dalam foto tersebut terdapat tulisan "BREAKING NEWS

PRESIDEN DIAM DIAM DATANGI AL ZAYTUN

PANJI GUMILANG PUN KAGET DAN DILUAR DUGAANNYA"

Kemudian video menayangkan Wakil Presiden Ma'ruf Amin disertai dengan narasi suara sebagai berikut.

"Wapres Ma'ruf Amin minta Ponpes al-zaytun soal dugaan aliran sesat mengutus maksud MD dan Menag."

Kemudian video menayangkan Ma'ruf Amin sedang berbicara dengan transkrip sebagai berikut.

"Nanti saya minta di tingkat kemenko polhukam untuk membahas Langkah apa yang harus kita ambil, jadi kita setelah kita kaji bahwa itu memang sudah ada penyimpangan kemudian ada rapat koordinasi di pihak Kemenko polhukam kemudian Kementerian Agama ditindak lanjuti.".

Selain itu video juga menampilkan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil yang sedang bicara sebagai berikut.

"Saya berharap pesantren Al Zaytun untuk koperatif tabayun dulu walaupun info-info menyatakan arahnya sudah negatif ya persepsinya, tapi tetap saya harus memberi kesempatan mereka menyampaikan dulu. Kalau ternyata hasil akhirnya memang ada tindakan baru ada tindakan-tindakan, satu mengusulkan kepada kewenangan Kementerian Agama kan untuk mengevaluasi memberikan izin."

Kemudian dalam video tersebut terdapat narasi suara seorang perempuan sebagai berikut.

"Diduga ajarkan aliran sesat Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin ikut turun tangan untuk menyelidiki Al Zayitun, orang nomor dua di Indonesia Ini menanggapi polemik yang di terjadi di Pondok Pesantren Al Zaytun di Indramayu.".

Video tersebut diberi keterangan sebagai berikut.

"Dengan Pakaian Sederhana, Presiden Jokowi Datangi Syekh Panji Gumilang Di kediamannya.."

Benarkah klaim video Panji Gumilang kaget Jokowi diam-diam datangi Al Zaytun? Simak hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim video Panji Gumilang kaget Jokowi diam-diam datangi Al Zaytun, dengan menyimak isi video tersebut, dalam video tidak ada foto, video dan narasi atau pihak yang menyatakan Jokowi datangi Al Zaytun diam-diam sehingga membuat Panji Gumilang kaget. 

Penelusuran dilanjutkan menggunakan Google Search dengan kata kunci 'Jokowi datangi Al Zaytun'.  Hasilnya tidak ada artikel dari situs berita kredibel yang memuat informasi tersebut.

Penelusuran dilanjutkan dengan mengubah kata kunci penelusuran menggunakan kalimat yang diucapkan Ma'ruf Amin dalam klaim video 'Nanti saya minta di tingkat kemenkopolhukam untuk membahas Langkah apa yang harus kita ambil'.

Penelusuran mengarah pada artikel berjudul "Kontroversi Al Zaytun, Wapres Minta Menko Polhukam Tindak Lanjuti Pandangan Ormas" yang dimuat situs rejabar.republika.co.id, pada 21 Juni 2023.

Dalam artikel situs Rejabar.republika.co.id memuat kutipan kalimat yang sama dengan perkataaan Ma'ruf Amin dalam klaim video namun tidak mengarah pada klaim tetapi terkait dengan tindak lanjut pemerintah atas berbagai pandangan ormas Islam mulai dari Majelis Ulama Indonesia (MUI), Nahdlatul Ulama (NU), Persatuan Islam (Persis) dan lainnya terhadap kegiatan Pondok Pesantren Al Zaytun.

Penelusuran kembali dilakukan dengan mengubah kata kunci pencarian menggunakan narasi suara yang ada dalam video tersebut yaitu 'Diduga ajarkan aliran sesat Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin ikut turun tangan untuk menyelidiki Al Zayitun'.

Penelusuran mengarah pada artikel berjudul "Wapres Ma'ruf Amin Minta Ponpes Al Zaytun Diusut Soal Dugaan Aliran Sesat, Utus Mahfud MD dan Menag" yang dimuat situs Kaltim.tribunnews.com, pada 21 Juni 2023.

Situs Kaltim.tribunnews.com mengulas tentang arahan Ma'ruf Amin kepada Menko Polhukam Mahfud MD dan Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas harus turun tangan ditemukan penyimpangan pada  Pondok Pesantren Al Zaytun.

Sumber:

https://rejabar.republika.co.id/berita/rwjzjk396/kontroversi-al-zaytun-wapres-minta-menko-polhukam-tindaklanjuti-pandangan-ormas

https://kaltim.tribunnews.com/2023/06/21/wapres-maruf-amin-minta-ponpes-al-zaytun-diusut-soal-dugaan-aliran-sesat-utus-mahfud-md-dan-menag.

 

 

 

 

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com, klaim video Panji Gumilang kaget Jokowi diam-diam datangi Al Zaytun tidak benar.

Video tersebut tidak didukung oleh informasi yang kredibel. Tidak ada keterangan dalam video yang menyebutkan Jokowi datangi Panji Gumilang.

 

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi partner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini