Sukses

Tiga Kunci Hindari Hoaks Pemilu untuk Pemilih Pemula

Ada tiga kunci untuk mengantisipasi hoaks yang mengincar para pemilih pemula.

Liputan6.com, Jakarta- Hoaks menjadi salah satu hal yang harus diantisipasi dalam pelaksanaan Pemilihan Umum atau Pemilu. Sebab, dapat memberi pengaruh buruk bagi masyarakat khususnya pada pemilih pemula kalangan generasi muda.

Kapala Jurusan Program S2 Komunikasi Universitas Bina Nusantara Muhammad Aras mengatakan, ada tiga kunci untuk mengantisipasi hoaks yang mengincar para pemilih pemula. Kunci pertama adalah sadar dalam bersosial media.

"Kita sadar di sosial media, kita tau kita pahami subtansinya dengan bijak bersosisal media, sehingga tidak ada penyebaran hoaks yang dapat merugikan orang lain," kata Aras, dalam dalam program Virtual Class Cek Fakta, bertema "Hoaks Pemilu Makin Masif, Tantangan Edukasi Pemilih Pemula", yang digelar Liputan6.com, Jumat (30/6/2023).

Selanjutnya adalah tidak mudah mempercayai informasi yang didapat, pastikan kebenarannya terlebih dahulu agar kita tidak tersesat oleh informasi yang salah.

Menurut Aras, perguruan tinggi memiliki peran untuk membangun karakter generasi muda, sehingga lebih jeli sebelum mempercayai informasi dan memanfaatkan sosial media.

"Berita yang sifatnya tidak benar cenderung memprovokasi, kita tahu bahwa setiap informasi yang masuk menerpa itu ada unsur persuasi, sejatinya kita harus membedakan mana yang baik dan buruk," ucapnya.

Aras melanjutkan, kunci terakhir adalah berhati-hati dalam membagikan informasi yang didapat dan mempertimbangkan manfaatnya. Paslanya, ada konsekuensi hukum bagi pihak yang membagikan informasi yang tidak benar alias hoaks.

"Bijaksana bermedia sosial, senantiasa mengecek fakta, kita harus berhati-hati karena ada konsekuensi hukumnya," imbuhnya.

2 dari 2 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi partner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

Video Terkini